METODE OUTDOOR LEARNING DALAM PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ILMU PENGETAHUAN ALAM SD INPRES 6/86 BALLE
DOI:
https://doi.org/10.59638/jee.v1i2.54Kata Kunci:
Metode Outdoor Learning, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui dampak metode outdoor learning terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam UPT SD Inpres 6/86 Balle. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SD Inpres 6/86 Balle. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V UPT SD Inpres 6/86 Balle, adapun sumber data terdiri dari informan utama dan informan pendukung. Aktivitas dalam analisis data yaitu condensation data, data display, conclusion daring/verification. Untuk uji keabsahan data meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat yaitu siswa lebih aktif dan percaya diri karena disini siswa mencari dan mengetahui sendiri pengetahuan yang ingin mereka ketahui dengan cara mengamati, mengobservasi ataupun bertanya dengan guru. Adapun faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari seluruh pihak sekolah seperti adanya manejemen pengolahan kegiatan yang bagus, adanya komitmen dari guru dan murid untuk saling membantu kemudian faktor penghambatnya yaitu membutuhkan tenaga ekstra yang harus dimiliki oleh guru. Selanjutnya dampak metode outdoor learning terhadap motivasi belajar siswa yaitu dapat meningkatkan motivasi atau keinginan untuk belajar siswa dan ini ditunjukkan akan tingginya semangat untuk belajar sehingga prestasi yang dimiliki siswa akan meningkat.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Andi Miftahul Andika Saputri, Nurhayati Selvi, Sri Hastati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.