Pengaruh Media Pohon Angka dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4 -6 Tahun

Authors

  • Amanda Deswita Maharani Universitas Pendidikan Indonesia
  • RR Deni Widjayatri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v2i1.154

Keywords:

pohon angka, kognitif, anak

Abstract

Perkembangan kognitif pada anak usia dini, antara usia 4-6 tahun, merupakan
tahap yang sangat penting dalam pembentukan dasar-dasar untuk berpikir dan
memahami dunia di sekitar kita. Pada kelompok usia ini, anak-anak mengalami
kemajuan pesat dalam berbagai aspek kognitif, termasuk kemampuan berpikir,
berbahasa, dan memecahkan masalah. Salah satu aspek perkembangan kognitif
adalah kemampuan pengenalan angka yang tercakup dalam STTPA, salah
satunya adalah penggunaan simbol angka atau lambang bilangan untuk
berhitung. Pohon Angka menawarkan pendekatan inovatif untuk menyampaikan
konsep matematika kepada anak-anak prasekolah. Dengan menyajikan angka
dalam bentuk visual yang menarik, media ini tidak hanya menciptakan suasana
belajar yang menyenangkan tetapi juga membantu anak-anak untuk
mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang angka. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pohon angka terhadap
peningkatan kemampuan kognitif anak usia 4-6 tahun di PAUD Kartika Siliwangi
39. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research),
bersifat kolaboratif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
adalah anak usia 4 sampai 6 tahun di TK Kartika Siliwangi 39. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan perhitungan persentase. Penelitian
dilakukan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh pada aktivitas fisik siklus I 60%
naik sebesar 28% atau menjadi 88% pada siklus II. Dari data diatas dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pohon angka sangat
berpengaruh untuk meningkatkan kognitif anak usia 4 – 6 tahun di TK Kartika
Siliwangi 39.

References

Darnis, S.(2018).Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana, 1(1),3.

Gunarti, Winda. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Istiqomah, N., Maemonah. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 15 (2), 151-158.

Karimah, A., Sa’diah, H. (2022). Upaya Peningkatan Kognitif Anak Dengan Alat Permainan Edukatif Pohon Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2):85-88.

K. Khadijah and N. Amelia. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal J.Ilm.Pendidik.Anak Usia Dini, 3(1) 69–82.

Mutiah, D. (2015). Psikologi bermain anak usia dini. Kencana.

Muria Jenni., Rakimahwati. (2023). Pengaruh Media Papan Hitung Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah 14 Ampang Padang. Jurnal AJECEE, 1(2):122-129.

Musi, M. A., Sadaruddin, S., & Mulyadi, M. (2018). Implementasi permainan edukatif berbasis budaya lokal untuk mengenal konsep bilangan pada anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117-128.

Ningsih, S. (2020). Metode Perkembangan Kognitif. Banten: Universitas Terbuka.

Shalihat, H. M., Purba, S., & Tarigan, D. C. B. (2022). Pengaruh Media Manipulatif terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal on Teacher Education, 3(3), 610-619.

Sherrina Selvi Okta, dkk. (2023). Pengaruh Media Pohon Baca Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini 5-6 Tahun di PAUD Ananda Kec. Tebing Tinggi Kab. Empat Lawang. Pendidikan dan Konseling, Vol.5 No.1.

Shirley, Magta, M., Wahyuni, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Alat Permainan Edukatif Pohon Hitung Di Tk Pelangi Kasih. Sentra Cendekia, 4(2):50-65.

Rozalina, L. (2018). Pengembangan Aspek Kognitf Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Permainan Outdoor Di PAUD Harapan Ananda Kota Bengkulu. Skripsi, 4.

Wahyuni, S., & Herlina, H. (2023). Pengaruh Media Media Pembelajaran Pohon Angka Terhadap Numerasi Anak PAUD di PKBM Tunas Unggul Kabupaten Lombok Utara. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(2), 191-197.

Widjayatri, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Kraetif Efektf dan Menyenangkan (PAIKEM).” Jurnal Cakrawala, 1(1),6-8.

Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. In Manajemen Pendidikan Islam (Vol. 5)

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Maharani, A. D., & Widjayatri, R. D. (2024). Pengaruh Media Pohon Angka dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4 -6 Tahun. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 2(1), 217–232. https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v2i1.154