http://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/issue/feedISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra2024-11-10T15:59:19+00:00Dwi Syukriadi, S.Pd., M.Pd.dwi.sukriady@uim-makassar.ac.idOpen Journal Systems<p style="margin: 0cm;"><strong>ISOLEK</strong>: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra menerbitkan manuskrip penelitian dalam Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, Sastra, dan Linguistik. Jurnal ISOLEK menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmiah di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari seluruh dunia dan juga dari Indonesia.</p> <p style="margin: 0cm;">Naskah yang diterbitkan termasuk.</p> <p style="margin: 0cm;"><strong>Ilmu bahasa</strong>; fonologi, morfologi, sintaksis, analisis wacana, psikolinguistik, sosiolinguistik, dan analisis wacana kritis.</p> <p style="margin: 0cm;"><strong>Sastra:</strong> kajian sastra daerah, sastra Indonesia, kajian sastra asing, sastra anak, kajian sastra pendidikan karakter, dan kajian sastra lainnya.</p> <p style="margin: 0cm;"><strong>Bahasa dan Sastra Indonesia:</strong> pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, penilaian, pembelajaran bahasa Indonesia lintas kurikulum, teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa, dan analisis pembelajaran bahasa Indonesia lainnya.</p> <p style="margin: 0cm;">Naskah yang dikirimkan pada jurnal ISOLEK belum pernah dipublikasikan di manapun, baik cetak maupun elektronik. Penulis harus mengacu pada pedoman penulis sebelum mengirimkan naskah. Naskah yang dikirimkan kemudian akan dievaluasi dan disunting sesuai dengan format yang disediakan pengelola jurnal.</p> <p style="margin: 0cm;"><strong>ISOLEK</strong> diterbitkan dua kali setahun, setiap bulan <strong>Maret</strong> dan <strong>September</strong> oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar. Artikel yang dipublikasikan dapat diakses dan diunduh secara gratis melalui Portal Jurnal Elektronik FKIP Universitas Islam Makassar.</p> <p style="margin: 0cm;">E-ISSN 2985-6256</p>http://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/article/view/271Pengaruh Penggunaan Media Diorama Papercraft Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Luwu Timur2024-10-12T09:16:41+00:00Nuranisa Jannasarinuranisajannasari19@gmail.comSri Hastatisrihastati.dty@uim-makassar.ac.idErniati Erniatierniati.dty@uim-makassar.ac.idAbu Bakar Tumpuhabubakartumpu.dty@uim-makassar.ac.idHerawati Arief herawatiarief.dty@uim-makassar.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh media diorama <em>papercraft </em>dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 8 Luwu Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah tes membuat cerpen yang sama untuk <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>, sebanyak 1 soal<strong>. </strong>Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis validasi, analisis hasil belajar peserta didik, analisis respon peserta didik dan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Media Diorama <em>Papercraft</em> terhadap kemampuan menulis cerpen siswa Kelas X SMAN 8 Luwu Timur. Kemampuan menulis cerpen pada siswa sebelum dilakukan eksperimen menunjukan kemampuan yang kurang namun setelah diberikan perlakuan diorama <em>papercraft</em> kemampuan menulis cerpen pada siswa mengalami peningkatan signifikan sebagaimana ditunjukan pada hasil analisis sig. 0,000<0,05.</p>2024-03-15T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Nuranisa Jannasari, Sri Hastati, Erniati Erniati, Abu Bakar Tumpu, Herawati Arief http://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/article/view/281Alih Kode dan Campur Kode dalam Podcast I Will Network “Cinta Laura Kiehl: Tentang Self Love dan Mengatasi Kesepian (Kajian Sosiolinguistik)2024-10-21T19:02:06+00:00Angelia Selinaangeliaselina1304@gmail.comSiska Monika Simanjuntaksiskasimanjuntak794@gmail.comYuliana Sariyulianassari@unimed.ac.id<p>Fenomena alih kode dan campur kode dalam komunikasi bilingual semakin marak terjadi di era globalisasi, terutama di kalangan individu yang terpapar pada budaya asing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan alih kode dan campur kode dalam <em>podcast</em> “Cinta Laura Kiehl: Tentang Self Love Dan Mengatasi Kesepian” yang dipandu oleh Natasha Wilona dengan bintang tamu Cinta Laura Kiehl. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan dari tuturan yang terdapat dalam video dan dianalisis untuk mengidentifikasi pola penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cinta Laura Kiehl dan Natasha Wilona sering melakukan alih kode dan campur kode dengan menyisipkan frasa bahasa Inggris dalam kalimat bahasa Indonesia, mencerminkan pengaruh latar belakang pendidikan dan pengalaman internasionalnya.</p> <p><em> </em></p>2024-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Angelia Selina, Siska Monika Simanjuntak, Yuliana Sarihttp://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/article/view/275Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII-B SMPN 11 Makassar2024-10-10T14:57:35+00:00Aisa Pakalessyicapakalessy@gmail.comErniati Erniatierniati.dty@uim-makassar.ac.idJumriati Jumriatijumriati.dty@uim-makassar.ac.idSupriadi Supriadisupriadi.dty@uim-makassar.ac.idDwi Syukriadydwi.sukriady@uim-makassar.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model <em>Discovery Learning </em>dalam meningkatkan keterampilan menulis berita peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 11 Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan menulis dengan penerapan model <em>Discovery Learning</em>. Data yang diperoleh dilaksanakan dalam dua siklus yaitu silus I dan siklus II dengan tahapan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 11 Makassar yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 14 siswa pria dan 14 orang siswa wanita. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi penilaian keterampilan menulis peserta didik, dan hasil kemampuan menulis peserta didik serta dokumentasi hasil kerja peserta didik, sedangkan kriteria keberhasilan yaitu dari segi hasil yang dicapai hasil kelas VIIIB SMP Negeri 11 Makassar dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata keterampilan menulis peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II mencapai 75 dari jumlah peserta didik yang mendapatkan nilai <u>></u>75 (KKM keterampilan menulis). Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis berita peserta didik dengan memperhatikan nilai rata-rata dari aspek penilaian keefektifan dalam memperhatikan penjelasan cukup; kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan guru cukup; sikap dalam menerima materi pembelajaran cukup; ketahanan konsentrasi peserta didik cukup; dan hasil penelitian siklus I mencapai 65,6 dan pada siklus II meningkat, mencapai 90,3 dan sudah memenuhi standar kreteria ketuntasan Minimal (KKM) yang ditargetkan oleh peneliti.</p>2024-03-12T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Aisa Pakalessy, Erniati Erniati, Jumriati Jumriati, Supriadi Supriadi, Dwi Syukriadyhttp://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/article/view/310Upaya Meningkatkan Moral Berbasis Cerita Rakyat Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pusat Paud Bunga Mawar2024-11-10T15:59:19+00:00Karmila Karmilakarmila15072015@gmal.comSupriadi Supriadisupriadi.dty@uim-makassar.ac.idNasaruddin Nasaruddinnasaruddin.dty@uim-makassar.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan moral anak usia 5-6 Tahun menggunakan metode cerita rakyat di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Bunga Mawar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan kengiatan metode bercerita Dengan masalah sebangai berikut pertama bagaimana meningkatkan moral anak melalui cerita rakyat, kedua apakah perkembangan moral anak dapat ditingkatkan menggunakan cerita rakyat. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan moral anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkam melalui cerita rakyat di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Bunga Mawar. Penelitian tindakan kelas di lakukan di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Bunga Mawar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tiap siklus terdiri atas atas: tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Pengambilan data melalui tehnik pengumpulan data dan tehnik analisis data. Indikatornya adalah sebangai berikut: meningkatkan moral melalui cerita rakyat. Hal tersebut dapat dilihat bahwa hasil penelitian setelah dilakukan metode bercerita bahwa tingkat kemampuan moral anak termasuk pada katagori berkembang sesuai harapan ada 3 orang anak, yang tergolong berkembang sangat baik, ada 12 orang anak.</p>2024-03-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Karmila Karmila, Supriadi Supriadi, Nasaruddin Nasaruddinhttp://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/article/view/216VARIASI BAHASA SLANG DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @FOLKSHITT2024-06-24T04:44:07+00:00Husnul Khatimahkhatimah949@gmail.comNur Asyifa Rohainynurasyifarohainy@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan bahasa slang pada caption akun Instagram <em>@folkshitt</em>. Sebagai media komunikasi, bahasa terbuka terhadap berbagai penafsiran yang berbeda-beda tergantung konteks sosial dan interaksi sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan bentuk, makna dan jenis bahasa gaul yang digunakan dalam akun tersebut. Data primer diambil dari caption yang diunggah <em>@folkshitt</em> pada bulan Mei hingga Juni 2024, sedangkan data sekunder diperoleh dari referensi buku dan jurnal yang relevan. Teknik pengumpulan data meliputi mendengarkan, mencatat, dan mencatat. Analisis menunjukkan bahwa <em>@folkshitt </em>menggunakan berbagai bentuk bahasa slang, antara lain bahasa gaul, akronim, partikel, bahasa asing, serta bahasa daerah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahasa gaul di Instagram <em>@folkshitt</em> mencerminkan dinamika bahasa Indonesia di kalangan remaja di lingkungan digital. Bahasa ini terus berkembang dan beradaptasi, mencerminkan pengaruh budaya populer dan kebutuhan akan komunikasi online yang efisien. Penelitian ini menyelidiki penggunaan bahasa slang sebagai bentuk ekspresi linguistik yang kreatif dan dinamis di media sosial.</p>2024-03-22T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Nur Asyifa Rohainy Rohainyhttp://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/article/view/278PENGARUH BUDAYA POPULER K-POP TERHADAP FENOMENA CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DI MEDIA SOSIAL 2024-10-15T09:07:06+00:00Diva Azzurradivazzurra@gmai.comNurul Hijrahnurulhijrah234@gmail.com<table width="626"> <tbody> <tr> <td width="395"> <table width="626"> <tbody> <tr> <td width="395"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya populer K-Pop terhadap fenomena campur kode dan alih kode di media sosial Indonesia khususnya media sosial X dengan kajian sosiolinguistik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak catat. Simak mengacu pada pemahaman bahasa tertulis dan catat dilakukan dalam menganalisis penggunaan bahasa tertulis. Sumber data didapatkan dari media sosial X (Twitter). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh budaya populer K-Pop terhadap fenomena campur kode dan alih kode di media sosial banyak ditemui. Bedasarkan data yang dikumpulkan, terdapat sejumlah kata dalam bahasa Korea dan berbagai istilah yang berkaitan dengan K-pop yang digunakan secara signifikan, bahkan peralihan bahasa ke bahasa Inggris yang menunjukkan pengaruh global dan budaya K-pop yang mengintegrasi unsur-unsur dari berbagai bahasa dan budaya. Faktor yang memengaruhi terjadinya fenomena campur kode dan alih kode yaitu globalisasi, media sosial,pengaruh idol dan group K-pop, konten (tren dan viralitas), dan faktor identitas dan ekspresi.</p> </td> </tr> </tbody> </table> </td> </tr> </tbody> </table>2024-03-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Diva Azzurra, Nurul Hijrah