EFEKTIVITAS CHATGPT SEBAGAI ASISTEN VIRTUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA JURUSAN PKK FT UNM

Authors

  • Wardimansyah Ridwan Universitas Negeri Makassar
  • Fitry Purnamasari Universitas Negeri Makassar
  • Israwati Hamsar Universitas Negeri Makassar
  • Andi Asti Handayani Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/teknos.v1i1.203

Abstract

Penggunaan ChatGPT dalam proses pembelajaran menawarkan berbagai potensi manfaat. ChatGPT dapat memberikan dukungan belajar yang lebih fleksibel dan personal, memungkinkan mahasiswa untuk mengakses bantuan akademik kapan saja dan di mana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan ChatGPT sebagai asisten virtual dalam proses pembelajaran mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang efektivitas ChatGPT. Survei akan dilakukan untuk mengumpulkan data dari mahasiswa yang menggunakan ChatGPT dalam proses pembelajaran mereka. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan chatGPT sebagai asisten virtual dalam proses pembelajaran mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga memperoleh hasil yang sangat signifikan, chatGPT dapat membantu mahasiswa dalam pencarian referensi, pemahaman materi dan meningkatkan produktifitas belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan jawaban dari hasil survei secara keseluruhan memberikan respon yang sangat positif.

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Wardimansyah Ridwan, Fitry Purnamasari, Israwati Hamsar, & Andi Asti Handayani. (2024). EFEKTIVITAS CHATGPT SEBAGAI ASISTEN VIRTUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA JURUSAN PKK FT UNM. TEKNOS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.59638/teknos.v1i1.203

Issue

Section

Articles