PENDIDIKAN ISLAM DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTURAL

Authors

  • Reski Mei Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Syahruddin Usman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Syarifuddin Ondeng Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/teknos.v1i1.225

Abstract

Multikulturalisme merupakan sebuah paham tentang realitas masyarakat yang beragam. Yang mana multikulturaliasme adalah sebuah respon dari sebuah fakta sosial yang beragam dan plural, sehingga keteraturan hidup yang humanis, demokratis dan berkeadilan akhirnya dapat di capai. Multikulturalisme mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesederajatan baik secara individual maupun secara kebudayaan. Desain Penelitian yang dilakukan adalah literatur review. Dalam penelitian ini memperoleh data dari buku dan jurnal yang dikaitkan dengan pendidikan Islam di tengah masyarakat multikultural. Referensi terkait pendidikan Islam di tengah masyarakat multikultural merujuk pada buku-buku dan jurnal yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian Pendidikan multikultural adalah strategi pendidikan yang diaplikasikan pada semua jenis Pendidikan baik fomal maupun nonformal. Islam sangat menghargai perbedaan agama dalam kehidupan bermasyarakat. slam sangat menghargai perbedaaan agama, suku, bangsa dan perbedaan itu harus dipandang sebagai kehendak Allah. Strategi memahami keberagaman dengan cara pandang Multikultural diantaranya; Memahami Keberagaman Agama, Memahami Keberagaman Bahasa, Membangun Sensivitas Gender, Memahami Keragaman Status Sosial, Memahami Keragaman Etnis, dan Menghargai Perbedaan Kemampuan.

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Mei, R., Usman, S. ., & Ondeng, S. . (2024). PENDIDIKAN ISLAM DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTURAL. TEKNOS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(1), 65–78. https://doi.org/10.59638/teknos.v1i1.225

Issue

Section

Articles