http://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/teknos/issue/feedTEKNOS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi 2025-05-09T07:34:42+00:00Kamalkamal.dty@uim-makassar.ac.idOpen Journal Systems<p>TEKNOS : Jurnal Pendidikan dan Teknologi adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan dan teknologi yang dilakukan oleh peneliti, dosen, guru, mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan April s.d Desember.</p> <p>E-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230420581304804" target="_blank" rel="noopener">2987-257X</a></p>http://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/teknos/article/view/308PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA MANIK-MANIK WARNA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I DI MA DDI GALESONG BARU2024-11-01T06:55:48+00:00Muhamad Nazrilnazrilmuh270600@gmail.comDr. Wahyullah Alannasir, S.Pd.,M.Pdwahyullah69@gmail.comRahmawati, S.Si.,S.Pd.,M.Pdrahma@uim-makassar.ac.id<p>This study aims to improve the addition arithmetic skills of natural numbers of grade<br>I students of MA DDI Galesong Baru using beads as a learning aid. The method used is<br>Classroom Action Research (CAR) consisting of two cycles, each including planning, action<br>implementation, observation, and reflection. The subjects of this study were 23 grade I<br>students. Data were collected through observation and learning outcome tests. The results<br>showed that in cycle I, 13 students (57%) met the Minimum Completion Criteria (KKM) with<br>an average score of 63.1%. In cycle II, all students achieved KKM with an average score of<br>93.2%, falling into the very good category. The conclusion of this study is that the use of<br>beads significantly improves students' addition arithmetic skills, making learning more<br>interesting and interactive.</p>2025-04-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Muhamad Nazril, Dr. Wahyullah Alannasir, S.Pd.,M.Pd, Rahmawati, S.Si.,S.Pd.,M.Pdhttp://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/teknos/article/view/452ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GADGET PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV2025-05-03T10:55:39+00:00Andi Muhammad Nurrachmansyah Wardanaammangmosaja99@gmail.comNur Syamnursyam.dty@uim-makassar.ac.idJusmaniarjusmaniar.dty@uim-makassar.ac.id<p>Penggunaan gadget dan media pembelajaran dalam proses pembelajaran khususnya di era new normal, bertujuan agar guru dapat mendesain materi pembelajaran daring secara simple, berbobot dan semenarik mungkin agar siswa tidak merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gadget dan media pembelajaran dalam pembelajaran daring, kendala dihadapi dan upaya mengatasi kendala dalam penggunaan gadget pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Paccerakkang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Paccerakkang menggunakan WhatsApp dengan fitur : pesan teks, Chat, dokumen, gambar/foto, video audio, video call, WhatsApp Group. Kendala penggunaan gadget dan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Paccerakkang :(1) Pengawasan belajar tidak maksimal (2) Belum memiliki gadget (3) Keterbatasan sinyal/biaya internet. Upaya mengatasi kendala tersebut: (1) Interaksi melalui video call, chat di WhatsApp Group, 2) Memperpanjang pengiriman tugas dan pembelajaran menyenangkan (3) Tatap muka 2 kali seminggu.</p>2025-04-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Andi Muhammad Nurrachmansyah Wardana, Nur Syam, Jusmaniarhttp://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/teknos/article/view/394Cyberbullying Ancaman Mental Siswa di Era Digital2025-01-26T05:17:22+00:00Sadaruddin Sadaruddinsadaruddin.dty@uim-makassar.ac.idAl Fatha Khair Nural.fatha.127@gmail.comKasmawati Kasmawatikasmawati022016@gmail.comKhaeriah Nurul FitrahKhaeriahnurulfitrah7@gmail.com<div> <p>Cyberbullying or digital bullying has become a significant social issue in Indonesia, especially among teenagers. This phenomenon has developed alongside the rapid use of technology and social media. The aim of this research is to explore the impact of cyberbullying on the mental health of adolescents in Indonesia. This research uses a quantitative method with a survey approach, involving 100 students from several major cities in Indonesia. The research results show that around 40% of students experience cyberbullying, which directly impacts mental health issues such as anxiety, depression, and low self-esteem. This research also highlights the importance of the roles of parents, schools, and the government in reducing cases of cyberbullying and providing appropriate psychological support for the victims. Furthermore, a more in-depth analysis of the factors leading to cyberbullying behavior was obtained as an effective way to prevent and address the phenomenon of cyberbullying in the school environment.</p> </div>2025-04-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Sadaruddin Sadaruddin, Al Fatha Khair Nur, Kasmawati Kasmawati, Khaeriah Nurul Fitrahhttp://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/teknos/article/view/456Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Kartu Truth or Dare Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV2025-05-09T07:34:42+00:00Muhammad Yusrilyusrilmuhammad346@gmail.comIra Irvianairairviana.dty@uim-makassar.ac.idAbrina Maulidnawati Jumrahabrinairwan@gmail.com<p>Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran<em> Picture And Picture </em>Bebantuan Kartu<em> Truth or Dare </em>Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV SDN Batulaccu Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental bentuk <em>One Group Pretest Postest Design</em>. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN Batulaccu Kota Makassar. Waktu pelaksanaan Penelitian pada Semester Ganjil. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV Berjumlah 20 Orang. Instrumen yang digunakan yaitu Tes, lembar Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Deskriptif dan Inferensial.</p> <p>Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai pre-test peserta didik cukup bervariasi, dengan mayoritas memperoleh nilai pada kategori menengah hingga rendah. Setelah penerapan model pembelajaran, hasil post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan, di mana sebagian besar siswa memperoleh nilai pada kategori menengah hingga tinggi, dan hanya sedikit siswa yang masih berada pada kategori rendah. Uji ANOVA dan korelasi Pearson menunjukkan bahwa model pembelajaran ini berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan numerasi, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05).Secara keseluruhan, model pembelajaran <em>Picture and Picture</em> berbantuan kartu <em>Truth or Dare</em> terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik kelas IV SDN Batulaccu Kota Makassar, serta memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar mereka.</p>2025-04-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Muhammad Yusril, Ira Irviana, Abrina Maulidnawati Jumrahhttp://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/teknos/article/view/248Rekonstruksi Peran Orang Tua dan Guru Dalam Pendidikan Islam2024-07-10T10:40:53+00:00Nur Alamsyah Alamnuralamsyah.dty@uim-makassar.ac.idSyarifuddin Ondengsyahruddinusman@uin-alauddin.ac.idSyahruddin Usmansyahruddin.usman@uin-alauddin.ac.id<p>Peran guru sangat dibutuhkan untuk melindungi peserta didik dari pengaruh negatif globalisasi. Era modern ini guru seharusnya menjalankan perannya sebagai pendidik sebaik mungkin dengan menjalankan kompetensi yang harus dimiliki serta menjadikan Al-Qur’an sebagai acuan dalam menjalankan tugasnya dan mencerminkan guru yang berintegritas, profesional dan ikhlas. Sehingga dengan demikian, seorang guru akan terhindar dari stigma negatif, bahwa menjadi guru hanya sebatas profesi material oriented saja. Namun, guru adalah orang yang akan membentuk peserta didik yang cerdas secara intelektual, emosional dan spiritual. Ajaran normatif dan pengalaman sejarah terkait dengan pendidikan Islam yang unggul dan terintegrasi patut dipraktekkan kembali dalam rangka menghasilkan generasi unggul di era milenial disertai dengan penguasaan teknologi yang berkembang sesuai zaman</p>2025-04-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Nur Alamsyah Alam, Syarifuddin Ondeng, Syahruddin Usmanhttp://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/teknos/article/view/450PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN 4-C PADA SISWA TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 2 KOTA SERANG2025-04-30T09:14:18+00:00Radella Rumapearadellarumapea123@gmail.comHaris Abizarharisabizar@untirta.ac.idHamid Abdillahhamid@untirta.ac.id<p> </p> <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari literasi digital terhadap keterampilan 4-C pada siswa Teknik Pemesinan di SMKN 2 Kota Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMKN 2 Kota Serang dengan menggunakan kuisioner/angket yang disebar di kelas 12 Teknik Pemesinan dengan jumlah siswa 57 dengan menggunakan rumus slovin (10%). Teknik analisis data yang dilakukan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana. Adapun hasil yang didapatkan bahwa R<sup>2 </sup>0,352 (35,2%) dan nilai signifikansi nya adalah 0,000 yang memiliki arti bahwa 0,000 < 0,05, sehingga Ha (Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat literasi digital (X) dengan keterampilan 4-C (Y)).</p>2025-04-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Radella Rumapea, Haris Abizar, Hamid Abdillah