PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SD INPRES ANTANG
DOI:
https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.102Kata Kunci:
Discovery Learning, Media Visual, Belajar TematikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media visual terhadap peningkatan hasil belajar tematik siswa kelas III di SD Inpres Antang 1 dan megetahui perbedaan motivasi belajar terhadap siswa setelah dan sesudah mengikuti model pembelajaran discovery learning berbantuan media visual terhadap pembelajaran tematik siswa kelas III di SD Inpres Antang 1. Adapun metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan jenis penelitiannya adalah pre eksperimental design bentuk one group pretest-posttest design dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan media visual berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar tematik siswa kelas III di SD Inpres Antang 1. Model pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih baik. Penggunaan media visual juga dapat membantu siswa dalam memvisualisasikan konsep yang sulit dipahami dan penelitian ini memberikan bukti empiris yang mendukung dampak positif Model Pembelajaran discovery terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III. Dengan aktif terlibat dalam proses belajar, mengeksplorasi konsep baru, dan memecahkan masalah, siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar intrinsik, self-efficacy, dan keterlibatan secara keseluruhan. Temuan ini menegaskan pentingnya menerapkan pendekatan berpusat pada siswa, seperti Model Pembelajaran discovery, untuk menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi.
Referensi
Ratnadewi, dkk. (2018) “Penerapan Discovery Learning Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips”, (Jurnal, Vol. 1, (No. 1), hlm. 21).
Payosi, Ade. (2020) “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 14 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang, Bengkulu”, (Jurnal, h.3).
Rahmah, Siti Nurul. (2019) “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kantor Depan”, (Jurnal, Vol. 3 (1) pp. 1-6, h. 2).
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005) “Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo”, (Jurnal h.20).
Arsyad, Azhar. (2011) “Media Pembelajaran¸Jakarta: Raja Grafindo Persada”, Jurnal h.91.
Suprayanti, Ida. (2016) “Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Jonggat”, (Jurnal, vol.11, No.1).
Wulandari, Yun Ismi. (2015) “Implementasi Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Iis I Sma Negeri 6 Surakarta”, (Universitas Sebelas Maret, Jurnal).
Sugiyono. (2014). "Metode penelitian pendidikan" Bandung:Alfabeta”, (Hal-308).
Rachmawati, Lysa Amorita., Koeswanti, Henny Dewi ., Sadono, Tri. (2021). “Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar”. (Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3 (Nomor 3), Halm 770 -776).
Setiawan, M.H. (2018). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sd Negeri Kayen 05 Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Power Point Pada Tema Perkembangbiakan Hewan Dan Tumbuhan”. (Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nurfadilah Ashar, Nur Syam, Rahmawati Rahmawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.