ANALISIS PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI BONTORAMBA 1 KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.76Kata Kunci:
Penanaman, Sikap Sosial, Pembelajara IPSAbstrak
Irmayanti Kumara Tungga, 2023. Analisis Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Di SD Negeri Bontoramba 1 Kota Makassar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar. Dibimbing oleh Nur Afni dan Mulyadi
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran hasil Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS pada siswa di Kelas V SD Negeri Bontoramba 1 Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran IPS yang dilakukan guru dalam menanamkan sikap sosial pada siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun objek penelitiannya adalah siswa kelas V dengan jumlah 16 siswa. Analisis data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa (1) Gambaran proses penanaman sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS terlihat dari penggunaan media pembelajaran dan alat evaluasi yang digunakan guru untuk menilai sikap sosial siswa. (2) Faktor pendukung dalam menanamkan sikap sosial dengan tercapainya pembelajaran penanaman sikap sosial yang diterapkan oleh guru pembelajaran IPS, hampir tidak ditemukan kendala yang di hadapi oleh guru dalam mengajarkan sikap sosial (kejujuran, sopan santun, disiplin diri, toleransi dan tolong menolong). Penanaman Sikap Sosial Pada Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba 1 Kota Makassar sudah menanamkan nilai sikap sosial sesuai dengan indikatornya. Dapat disimpulkan bahwa Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Di Kelas V SD Negeri Bontoramba 1 Kota Makassar dapat meningkat.
Kata Kunci: Penanaman, Sikap Sosial, Pembelajaran IPS
Referensi
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar&Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana.
Barokah Fatheh Nur. (2016). Hubungan Sosial dan Keterampilan kewarganegaraan dengan pembentukan karakter pada siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu. Volume 1 nomor 1. Jurnal Global Citizen.
Hudiyono. (2012). Membangun Karakter Siswa. Surabaya: Erlangga.
Idi Abdullah. (2011). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Meinardo & Sarwono. 2016. Psikologi Sosial. Jakarta: Salembang Humanika.
Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian.
Rempel & Zanna. (2015). Psikologi Sosial. Jakarta: Salembang Humanika.
Sapriya. (2014). Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya.
Toni nasution dan Maulana Arafat Lubis. (2018). Konsep dasar ilmu pengetahuan sosial, Penerbit Samudra biru,Yogyakarta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 irmayanti kumaratungga, Nur Afni, mulyadi mulyadi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.