PENGARUH SELF EFFICACY DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV A SD NEGERI DAYA 1

Penulis

  • Nur Octaviani Alifa Universitas Islam Makassar
  • Wahyullah Alannasir Universitas Islam Makassar
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.84

Kata Kunci:

Self Efficacy, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan informasi tentang pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV A SD Negeri Daya 1 Kota Makassar, (2) mendapatkan informasi tentang pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV A SD Negeri Daya 1 Kota Makassar, (3) mengukur pengaruh self efficacy dan minat belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV A SD Negeri Daya 1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian expost facto. Adapun objek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri Daya I Kota Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, tes hasil belajar dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan 2 tahap yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terbagi atas, uji prasyarat (uji normalitas dan uji linearitas), uji hipotesis (uji regresi sederhana dan uji regresi berganda).

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) dari hasil pengujian hipotesis dengan uji regresi linear sederhana antara variabel self efficacy terhadap variabel hasil belajar matematika didapatkan nilai Thitung 6,169 > Ttabel 2,059 dengan tingkat signifikansi 0,020 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV A SD Negeri Daya 1 Kota Makassar. (2) dari hasil pengujian hipotesis dengan uji regresi linear sederhana antara variabel minat belajar terhadap variabel hasil belajar matematika didapatkan nilai Thitung 2,192 > Ttabel 2,059 dengan tingkat signifikansi 0,038 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV A SD Negeri Daya 1 Kota Makassar. (3) hasil pengujian dengan uji regresi linear berganda antara variabel self efficacy dan variabel minat belajar terhadap hasil belajar matematika diperoleh nilai Fhitung 6,438 > Ftabel 3,39 dengan tingkat signifikansi 0,006 < 0,05 serta nilai koefisien determinasi atau nilai R square sebesar 0,340. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara self efficacy dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV A SD Negeri Daya 1 Kota Makassar.

Referensi

Alannasir, W., & Selvi, N. (2018). PENGARUH PENERAPAN METODE KOMIDI PUTAR DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS DI SDN MANNURUKI. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.31100/dikdas.v1i2.236

Alannasir, Wahyu & Selvi, Nurhayati. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe TSTS Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1, 91.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmiati, M. (2020). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil BelajarMatematika Siswa SD Negeri 147 Pelali. Makassar: UNISMUH.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahan.

Meilani, Rini Intansari & Ricardo. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2, 56.

Priyatno. (2010). Analisis, Kolerasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, Muhibbin. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-03

Cara Mengutip

Alifa, N. O., Alannasir, W., & Rahmawati, R. (2024). PENGARUH SELF EFFICACY DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV A SD NEGERI DAYA 1. ALENA : Journal of Elementary Education, 2(1), 9–26. https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.84