PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 229 INPRES CAMBAYA KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.90Kata Kunci:
Bamboo Dancing, Hasil Belajar IPSAbstrak
Afriandini, 2023. Penerapan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing pada Murid Kelas IV SDN 229 Inpres Cambaya Kabupaten Maros. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar. Dibimbing oleh Wahyullah Alannasir dan Rahma Ashari Hamzah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana gambaran model pembelajaran bamboo dancing siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS SDN inpres cambaya kabupaten maros. (2) penerapan model pembelajaran bamboo dancing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 229 inpres cambaya kabupaten maros. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran bamboo dancing dan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 229 Inpres Cambaya Kabupaten Maros yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif.
Berdasarkan hasil observasi setelah diterapkannya model pembelajaran bamboo dancing pada aktivitas mengajar guru siklus I dikategorikan kurang dan siklus II dikategorikan baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan kurang dan siklus II dikategorikan baik. Hasil belajar IPS siswa kelas IV pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II hasil belajar IPS siswa kelas IV sudah meningkat berada pada kategori baik. Penerapan model pembelajaran bamboo dancing dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 229 Inpres Cambaya Kabupaten Maros.
Kata kunci : Model Pembelajaran Bamboo Dancing,Hasil Belajar IPS
Referensi
Alannasir, W., Mahmud, M. N., Ibrahim, M. M., & Syamsudduha, S. (2022). Implementation of Online Learning in Elementary Schools in Makassar City from an Islamic Perspective. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6745–6760. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2283
Aqib, Zainal, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dea, Wahyu Candani. (2015). “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Kelas V Pada SDN5PahandutPlangkaRayahttp://www.umpalangkaraya.ac.id/perpustakaan/digilib/download.php?id=497 diunduh pada 29 Maret 2023”.
Hamzah, Rahma Ashari. 2. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penggunaan Pembelajaran Metode Sq3r 2020 3(1):1-8.
Huda, Miftahul. (2013). Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani, (2011).,“Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada”,dalam https://matsmkbws.wordpress.com/2013/01/02/model-pembelajaran-bamboo-dancing-tari-bambu, diakses (06 Maret 2023).
Rizqa, Auliya. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu didukung Media Visual terhadap Hasil Belajar dalam Menjelaskan Berbagai Energi Alternatif dan Cara Penggunaannya Siswa Kelas IV SDN Banjaran 3 Kota Kediri Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 09 Hal. 1-12. Tersedia Pada : simki.unpkediri.ac.id. (diakses tanggal 22 Maret 2023).
Suprijono, Agus. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional, h. 1-13.(diakses pada 30 Maret 2023).
Waseso, Hendri Purbo. (2017) Studi Kritis terhadap Kurikulum MI/SD 2013, TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 4 No. 1
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 afriandini, Wahyullah Alannasir, Rahma Ashari Hamzah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.