PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, DAN REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI CERITA BERGAMBAR

Penulis

  • Risma Universitas Islam Makassar
  • Badruddin Kaddas Universitas Islam Makassar
  • Syarifah Nur Fajrin Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.96

Kata Kunci:

Metode SQ3R, Keterampilan membaca siswa

Abstrak

Pengaruh Metode SQ3R (Pembelajaran Survey, Guestion, Read, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Melalui Cerita Bergambar Siswa Kelas IV SD 45 Talaga Kota Enrekang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universsitas Islam Makassar (Di bimbing oleh Syarifah Nur Fajrin dan Badruddin Kaddas).

           Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk megetahui gambaran metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, dan Review) Siswa Kelas IV SD 45 Talaga Kota Enrekang, (2) Untuk mengetahui keterampilan membaca melalui cerita bergambar Siswa Kelas IV SD 45 Talaga Kota Enrekang, (3) Untuk mengetahui pengaruh terhadap metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, dan Review) terhadap keterampilan membaca melalui cerita bergambar Siswa Kelas IV SD 45 Talaga Kota Enrekang. Penelitian ini menggunakan eksperimen yaitu one group pretest-posttest desing. Adapun objek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VI di SD 45 Talaga Kota Enrekang. Sumber data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan 3 tahap yaitu Pretest (Tes awal), Treatment (Pemberian perlakuan), dan Posttest (Tes akhir). Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) = 36,16 berada pada kategori rendah dengan ketuntasan, 10 siswa yang telah tuntas atau 33.33, sedangkan nilai rata-rata siswa setelah diberikan perlakuan (Posttest) = 71,33 dengan ketuntasan semua siswa telah tuntas. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t, dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar 23.26. Dengan frekuensi (dk) sebesar 30 - 1 = 29, pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 2.045. Oleh karena thitung > ttabel pada taraf signifikansi 0.05, maka hipotesis nol (H0) ditolak yang berbunyi tidak ada pengaruh dalam penggunaan metode SQ3R terhadap keterampilan membaca melalui cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD 45 Talaga Kota Enrekang dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang berbunyi ada pengaruh dalam penggunaan metode SQ3R terhadap keterampilan membaca melalui cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD 45 Talaga Kota Enrekang.

 

Kata Kunci: Metode SQ3R, Keterampilan Membaca Melalui Cerita Bergambar.

Referensi

Hastjarjo, T. D. (2021). Rancangan Eksperimen Acak. Buletin Psikologi, 22(2), 73. https://doi.org /10.22146/bpsi.11455

Jaedun, A. (2019). Oleh?: Amat Jaedun. Metodologi Penelitian Eksperimen, 0–12.

Lestari, A. (2019). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 214. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Masykur, Khanafiyah, S., & Handayani, L. (2021). Penerapan Metode SQ3R Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Tata Surya Pada Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 73–78.

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052

Sri Irfadila, M. (2020). Hubungan Strategi Membaca Dengan Kemampuan Memahamiteks Bacaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Umsb Padangpanjang. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 1(1). https://doi.org/ 10.22202 /jg.2015.v1i1.1157

Sukirman, S., & Mirnawati, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 389–402. https://doi.org/10.58230/27454312.54

Yesika, D. H., Pribowo, F. S. P., & Afiani, K. D. A. (2020). Analisis Model Pembelajaran SQ3R Dalam Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa SD. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 36–46. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i1.122

Yuliarni, E., Intan, M., & Karsih. (2021). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Keterampilan Belajar Siswa Dalam Membaca Dengan Teknik Sq3r(Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas X-F di SMAN 8 Bogor). 25–31.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-03

Cara Mengutip

Risma, Kaddas, B. ., & Nur Fajrin, S. . (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, DAN REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI CERITA BERGAMBAR . ALENA : Journal of Elementary Education, 2(1), 74–84. https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.96