https://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/issue/feedISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra2025-02-15T17:21:28+00:00Dwi Syukriadi, S.Pd., M.Pd.dwi.sukriady@uim-makassar.ac.idOpen Journal Systems<p style="margin: 0cm;"><strong>ISOLEK</strong>: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra menerbitkan manuskrip penelitian dalam Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, Sastra, dan Linguistik. Jurnal ISOLEK menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmiah di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari seluruh dunia dan juga dari Indonesia.</p> <p style="margin: 0cm;">Naskah yang diterbitkan termasuk.</p> <p style="margin: 0cm;"><strong>Ilmu bahasa</strong>; fonologi, morfologi, sintaksis, analisis wacana, psikolinguistik, sosiolinguistik, dan analisis wacana kritis.</p> <p style="margin: 0cm;"><strong>Sastra:</strong> kajian sastra daerah, sastra Indonesia, kajian sastra asing, sastra anak, kajian sastra pendidikan karakter, dan kajian sastra lainnya.</p> <p style="margin: 0cm;"><strong>Bahasa dan Sastra Indonesia:</strong> pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, penilaian, pembelajaran bahasa Indonesia lintas kurikulum, teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa, dan analisis pembelajaran bahasa Indonesia lainnya.</p> <p style="margin: 0cm;">Naskah yang dikirimkan pada jurnal ISOLEK belum pernah dipublikasikan di manapun, baik cetak maupun elektronik. Penulis harus mengacu pada pedoman penulis sebelum mengirimkan naskah. Naskah yang dikirimkan kemudian akan dievaluasi dan disunting sesuai dengan format yang disediakan pengelola jurnal.</p> <p style="margin: 0cm;"><strong>ISOLEK</strong> diterbitkan dua kali setahun, setiap bulan <strong>Maret</strong> dan <strong>September</strong> oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar. Artikel yang dipublikasikan dapat diakses dan diunduh secara gratis melalui Portal Jurnal Elektronik FKIP Universitas Islam Makassar.</p> <p style="margin: 0cm;">E-ISSN 2985-6256</p>https://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/article/view/340Analisis Pesan Dakwah dalam Web Series Demi Masa di Kanal Youtube Kahfeveryday (Analisis Wacana Kritis)2024-12-12T05:06:56+00:00Diah Ayu Faridadiahayufarida285@gmail.com<p>The Demi Masa web series is one of the web series in Indonesia produced by the skincare brand "Kahf", this series aims to revive the spirit of doing good and remembering Islamic teachings. This study aaims to find out how the messages of da'wah are in the Demi Masa series. the research methode uses a qualitative descriptive method. The data source for this study was obtained from the da'wah discourse on the web series entitled Demi Masa which was released in March 2024. The data collection technique was carried out by documentation, observing, and taking notes. The data alaiysis technique used in this study is critical discourse analysis ofVan Dijk's theory consisting of levels, namely macrostructure, superstructure, and microstructure. Based on the results of this study, several scenes or dialogues were obtained that contained da'wah messages in the series. In text analysis, da'wah messages tend to be represented in the words and actions of the characters. At the level of social cognition, it reflects an integrative effort to educate, inspire, and influence the audience through stories that are close to their lives. At the level of social context, it can be seen through the responses and comments of the audience on the YouTube platform. The discourse is presented in a persuasive form, so as to raise awareness to make the best use of time, worship, do good deeds, and help others who need help.</p> <table> <tbody> <tr> <td width="113"> </td> </tr> <tr> <td> </td> <td> </td> </tr> </tbody> </table> <h1> </h1> <h1> </h1> <p> </p> <table> <tbody> <tr> <td width="113"> </td> </tr> <tr> <td> </td> <td> </td> </tr> </tbody> </table> <h1> </h1>2024-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Diah Ayu Farida Diahhttps://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/article/view/325Pemerolehan Kosakata Salman Alfarisi: Anak Usia 5 Tahun2024-12-03T12:43:39+00:00Faizzatul Kiftiyahfkiftiya@gmail.comSahwa Lailysahwalaily27@gmail.comSri Puji Rahayusripujirahayu876@gmail.comZahiya Zahiyazahiyapbsi02@gmail.com<p>Lingkungan keluarga dan lingkungan sosial mempengaruhi proses pemerolehan kosakata untuk anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan klasifikasi pemerolehan kosakata yang sering diucapkan oleh Salman Alfarisi anak berusia 5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi (gabungan), analisis yang bersifat induktif atau kualitatif. Teknik pemerolehan data yang digunakan menggunakan teknik sadap yaitu rekam dengan objeknya dari video call, teknik simak, dan catat. Hasil dalam penelitian ini ialah bentuk kosakata yang diucapkan oleh Salman Alfarisi berdasarkan jenis katanya berupa kata kerja, kata sifat, kata benda, dan lain sebagainya. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah kata benda menduduki kosakata terbanyak yang diperoleh oleh Salman Alfarisi. Hal itu terjadi karena kata benda sering dilihat, didengar, dialami, dan bahkan berdekatan dalam kehidupan sehari-hari Salman Alfarisi. Pemerolehan kosakata Salman Alfarisi juga terbilang sedikit dibandingkan dengan teman sebayanya karena sedikit pemalu berinteraksi dengan orang baru. Dari kasus Salman Alfarisi ini, orangtua dan guru berperan penting dalam pemerolehan kosakata pada anak.</p>2024-12-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Faizzatul Kiftiyah, Sahwa Laily, Sri Puji Rahayu, Zahiya Zahiyahttps://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/article/view/393Pencegahan dan Penanganan Perilaku Bullying Verbal di Sekolah Dasar2025-01-26T03:53:13+00:00Sadaruddin Sadaruddinsadaruddin.dty@uim-makassar.ac.idReski Santinireskisantini01@gmail.comSiti Khadijah Cantika Sarisaricantika004@gmail.comSitti Alwiahalwiah1199@gmail.com<div><em>This study investigates the psychological impacts and prevention strategies of verbal bullying, focusing on its long-lasting effects on self-esteem and mental health, and its prevalence in school environments. The research aims to deepen understanding of verbal bullying dynamics, contributing factors, and effective countermeasures. Employing a mixed-methods approach, the study collects data through surveys, interviews, and observations from students and staff at UPT SPF SD Negeri Kapasa in Makassar. Quantitative analysis measures the incidence of verbal bullying, while qualitative analysis explores personal experiences and the effectiveness of an anti-bullying program implemented in the school. Results indicate a significant decrease in bullying instances and a positive shift in student behavior and awareness post-intervention, emphasizing the importance of sustained educational efforts and policy reinforcement to cultivate a respectful and empathetic school culture.</em></div>2024-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Sadaruddin Sadaruddin, Reski Santini, Siti Khadijah Cantika Sari, Sitti Alwiahhttps://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/article/view/339Simbolisasi Pendidikan Karakter Dalam Mite Lembu Suro Sebagai Media Peningkatan Moral Anak2024-12-11T07:46:50+00:00Mayada Mayadamayadajerukwangi@gmail.comRena Novitasarirenanovitasari2730@gmail.comNia Andriananiaan6888@gmail.comIndah Puspitasariindahpuspitasariunhasy@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan simbolisasi pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral yang ada dalam mite <em>Lembu Suro</em> sebagai media peningkatan moral anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, pencatatan, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berasal dari mite <em>Lembu Suro</em> Gunung Kelud Kediri. Teknik analisis data yang digunakan ialah hermeneutik objektif. Data yang didapatkan dari informan akan dilakukan proses peninjauan data hingga didapatkan kesimpulan yang relevan. Teknik keabsahan data yang digunakan ialah <em>Forum Grup Discussion.</em> Hasil yang didapatkan adalah dalam cerita mite <em>Lembu Suro </em>tersebut, didapatkan pendidikan karakter yang berkesesuaian dengan pendapat Thomas Lickona bahwasanya <em>moral feeling</em> dalam sebuah pendidikan karakter sangat berpengaruh besar.</p>2024-12-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Mayada Maya, Ren, Puspita, Andrianahttps://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/article/view/408The Pemerolehan Bahasa Ibu dalam Perspektif Psikolinguistik: Proses, Faktor, dan Implikasi2025-02-15T17:21:28+00:00Yuliasari Yuliasariyuliasari.2402318@students.um.ac.idNailul Hidayahnailul.hidayah.2402318@students.um.ac.idHanik Mahliatussikahhanik.mahliatussikah.fs@um.ac.id<p>Pemerolehan bahasa ibu adalah proses alami yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk biologis, kognitif, dan lingkungan. Proses ini memiliki peran penting dalam perkembangan anak, baik dari segi intelektual, sosial, maupun budaya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam teori-teori psikolinguistik tentang pemerolehan bahasa ibu, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi proses tersebut, serta menganalisis dampaknya terhadap perkembangan individu. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis kajian literatur, penelitian ini menelaah berbagai teori dan temuan sebelumnya terkait pemerolehan bahasa. Hasilnya menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa ibu berlangsung melalui tahapan-tahapan tertentu, mulai dari fase pra-linguistik hingga kemahiran berbahasa yang kompleks. Faktor biologis seperti perkembangan otak, faktor sosial seperti pola komunikasi dalam keluarga, serta teknologi modern memiliki pengaruh besar dalam proses ini. Namun, tantangan seperti minimnya stimulasi bahasa, gangguan neurologis, serta perubahan pola interaksi akibat teknologi juga dapat menghambat perkembangan bahasa anak. Penelitian ini menegaskan bahwa pemerolehan bahasa ibu tidak hanya berdampak pada kemampuan berbahasa, tetapi juga berkontribusi terhadap perkembangan kognitif, penguatan ikatan sosial, dan keberlanjutan budaya. Oleh karena itu, pemahaman mendalam mengenai proses ini sangat penting untuk merancang strategi pendidikan bahasa yang lebih efektif.</p>2024-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Yuliasari Yuliasari, Nailul Hidayah, Hanik Mahliatussikahhttps://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/isolek/article/view/312Melatih Kemampuan Anak Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Inshot Di Rumah TK Nuryani Ishak 2024-11-10T19:36:17+00:00Rahmatia Rahmatiarahmatia.tia@gmail.comEndang Ruswiyaniendangruswiyani.dty@uim-makassar.ac.idAbd. Hakim Nabaabdhakimnaba.dty@uim-makassar.ac.id<p>Peserta didik belum mampu mengenal huruf hijayyah, menyebutkan huruf hijayyah dengan benar, dan belum bisa membedakan huruf hijayyah yang bentuknya hampir sama merupakan fenomena alami yang kerapkali terjadi pada pendidikan anak usia dini. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk melatih kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah melalui video pembelajaran menggunakan aplikasi inshot. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif metode deskriptif,yang melibatkan 8 peserta didik Kelompok A sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas, serta dokumentasi aktivitas pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam melati kemampuan peserta didik untuk mengenal huruf Hijaiyyah menggunakan video pembelajaran dalam waktu 5 pekan pertemuan mengalami peningkatan, hal ini dilihat dari hasil observasi pada hasil penelitian. Dengan demikian, metode pengenalan huruf Hijaiyyah dengan memanfaatkan media video pembelajaran aplikasi inshot direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran untuk mengenalkan huruf Hijaiyyah pada anak usia dini berefektivitas secara signifikan dalam mewujudkan lingkungan belajar yang Interaktif dan menarik bagi peserta didik.</p>2024-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Rahmatia Rahmatia, Endang Ruswiyani, Abd. Hakim Naba