https://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/teknos/issue/feed TEKNOS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi 2024-06-09T11:26:33+00:00 Kamal kamal.dty@uim-makassar.ac.id Open Journal Systems <p>TEKNOS : Jurnal Pendidikan dan Teknologi adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan dan teknologi yang dilakukan oleh peneliti, dosen, guru, mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan April dan Desember.</p> <p>E-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230420581304804" target="_blank" rel="noopener">2987-257X</a></p> https://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/teknos/article/view/206 PENGENALAN EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL STAKE 2024-06-09T11:26:33+00:00 Kamal kamal.dty@uim-makassar.ac.id Rahmi Rahmadhani rahmi21@gmail.com <p><em>Evaluation of the stake model program is a process carried out to measure the effectiveness, success and impact of the implementation of the stake model program in a particular context. The stake model program involves identifying, analyzing, and involving stakeholders in decision making and implementation of a program or project. The aim of this research is to comprehensively analyze the Stake evaluation model, starting from its meaning to how to use the Stake evaluation model in order to maximize various educational programs and provide recommendations to improve their quality. The research design used is the literature review method. Literature study (literature review) is research carried out by researchers by collecting a number of books, journals, articles, research results related to research problems and objectives. The stake evaluation model in carrying out evaluations emphasizes two basic things that must be present, namely description and judgment.&nbsp; These two basic things are further divided into three study objects in evaluation, namely antecedents, transactions, outcomes. The results of the analysis show that the stake model (countenance model) has several advantages, such as being comprehensive in collecting data, the evaluator has the freedom to collect data and translate it and can come up with new theories related to events in the field. While the disadvantage is that it is too subjective in its approach to collecting data, most data is qualitative in nature and costs a lot of money.</em></p> 2024-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Kamal; Rahmi Rahmadhani https://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/teknos/article/view/203 EFEKTIVITAS CHATGPT SEBAGAI ASISTEN VIRTUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA JURUSAN PKK FT UNM 2024-06-09T04:30:48+00:00 Wardimansyah Ridwan wardimansyah.ridwan@unm.ac.id Fitry Purnamasari fitry.purnamasari@unm.ac.id Israwati Hamsar israwatihamsar@unm.ac.id Andi Asti Handayani andiastihandayani@unm.ac.id <p>Penggunaan ChatGPT dalam proses pembelajaran menawarkan berbagai potensi manfaat. ChatGPT dapat memberikan dukungan belajar yang lebih fleksibel dan personal, memungkinkan mahasiswa untuk mengakses bantuan akademik kapan saja dan di mana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan ChatGPT sebagai asisten virtual dalam proses pembelajaran mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang efektivitas ChatGPT. Survei akan dilakukan untuk mengumpulkan data dari mahasiswa yang menggunakan ChatGPT dalam proses pembelajaran mereka. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan chatGPT sebagai asisten virtual dalam proses pembelajaran mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga memperoleh hasil yang sangat signifikan, chatGPT dapat membantu mahasiswa dalam pencarian referensi, pemahaman materi dan meningkatkan produktifitas belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan jawaban dari hasil survei secara keseluruhan memberikan respon yang sangat positif.</p> 2024-06-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Wardimansyah Ridwan, Fitry Purnamasari, Israwati Hamsar, Andi Asti Handayani