Pemerolehan Bahasa Ibu dalam Perspektif Psikolinguistik: Proses, Faktor, dan Implikasi

Authors

  • Yuliasari Yuliasari Universitas Negeri Malang
  • Nailul Hidayah Universitas Negeri Malang
  • Hanik Mahliatussikah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59638/isolek.v2i2.408

Keywords:

acquisition, first language, psycholinguistics, factors, implications

Abstract

Pemerolehan bahasa ibu adalah proses alami yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk biologis, kognitif, dan lingkungan. Proses ini memiliki peran penting dalam perkembangan anak, baik dari segi intelektual, sosial, maupun budaya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam teori-teori psikolinguistik tentang pemerolehan bahasa ibu, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi proses tersebut, serta menganalisis dampaknya terhadap perkembangan individu. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis kajian literatur, penelitian ini menelaah berbagai teori dan temuan sebelumnya terkait pemerolehan bahasa. Hasilnya menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa ibu berlangsung melalui tahapan-tahapan tertentu, mulai dari fase pra-linguistik hingga kemahiran berbahasa yang kompleks. Faktor biologis seperti perkembangan otak, faktor sosial seperti pola komunikasi dalam keluarga, serta teknologi modern memiliki pengaruh besar dalam proses ini. Namun, tantangan seperti minimnya stimulasi bahasa, gangguan neurologis, serta perubahan pola interaksi akibat teknologi juga dapat menghambat perkembangan bahasa anak. Penelitian ini menegaskan bahwa pemerolehan bahasa ibu tidak hanya berdampak pada kemampuan berbahasa, tetapi juga berkontribusi terhadap perkembangan kognitif, penguatan ikatan sosial, dan keberlanjutan budaya. Oleh karena itu, pemahaman mendalam mengenai proses ini sangat penting untuk merancang strategi pendidikan bahasa yang lebih efektif.

References

Abdul, C. (2003). Psikolinguistik kajian teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aitchison, J. (2011). The articulate mammal: An introduction to psycholinguistics. Routledge.

Akbar, R. Z., Janah, F., & Siagian, I. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa Pertama pada Usia 2-3 Tahun: Kajian Fonologi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10303–10318.

Arsanti, M. (2014). Pemerolehan bahasa pada anak (kajian psikolinguistik). Jurnal Pbsi, 3(2).

bin Ibrahim el-Ushaili, A. A., & Musni, J. H. (2009). Psikolinguistik Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora.

Chairunnisa, S., Putri, R. N., Aprilia, P., & Fauziah, M. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Akusisi Bahasa Alami di Masa Kanak-Kanak Awal. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 316–328.

Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar pemahaman bahasa manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. sumber 2018 mestinya 2003.

De Houwer, A. (2022). Bilingual First Language Acquisition: What the Research Says. In Critical Issues in Infant-Toddler Language Development (pp. 73-81). Routledge.

Dinata, S. A. P., & Nurhayati, D. Perkembangan Bahasa Anak Usia Tiga (3) Tahun. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 6, No. 1, pp. 777-783).

Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan bahasa pertama anak menurut tinjauan psikolinguistik. Lentera, 17(1).

Harsanti, C. N. (2021). Pemerolehan bahasa pertama terhadap anak usia 2 sampai 4 tahun menurut tataran morfologi dan sintaksis. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 131-135.

Krashen, S. (1982). Principles and practice in second language acquisition.

Miolo, M. I. (2023). Kajian Teoritis: Pemerolehan Bahasa Pertama dan Kedua. A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 12(2), 525-542.

Mustadi, A., Habibi, M., & Iskandar, P. A. (2021). Filosofi, teori, dan konsep bahasa dan sastra Indonesia sekolah dasar. Uny Press.

Nisyah, K., & Hudiyono, Y. (2023). Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini (Pemerolehan Fonologi Pada Anak 2 Tahun). JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(6), 895-902.

Nugraheni, L., & Ahsin, M. N. (2021). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini di Desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 375-381.

Nurlaila, N. (2021). Konsep Pemerolehan Bahasa dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 12(1), 47-64.

Rosmanti, R., Missriani, M., & Rukiyah, S. (2023). Pemerolehan bahasa pada anak (kajian Literatur dalam psikolinguistik). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9).

Salamah, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 27-34.

Sentosa, A. R., & Apriliani, N. (2020). Kajian Psikolinguistik; Pemerolehan Bahasa Pada Anak. Jurnal Bahasa Dan Sasstra, 2(10), 1–10.

Setiyadi, A. C., & Salim, M. S. U. (2013). Pemerolehan bahasa kedua menurut Stephen Krashen. At-Ta'dib, 8(2).

Setyowati, Y., & Nurwahidin, M. (2022). FILSAFAT BAHASA IBU DALAM PROSES PEMBELAJARAN. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(4), 687-692.

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265-273.

Sudarwati, E., Perdhani, W. C., & Budiana, N. (2017). Pengantar psikolinguistik. Universitas Brawijaya Press.

Sugiyono, M. (2015). penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharti, S., Hum, S., Khusnah, W. D., Sri Ningsih, S. S., Shiddiq, J., Saputra, N., ... & Purba, J. H. (2021). Kajian Psikolinguistik. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Suhartono. (n.d.). Psikolinguistik dan Perkembangannya. In Modul Psikolinguistik.

Putriyanti, L., & Sulianto, J. (2024). ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA DAN PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA DINI. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 568-578.

Syukriady, D., Arief, H., & Jumriati, J. (2023). TELAAH UNSUR EKSTRINSIK CERITA PENDEK “PROTES” KARYA PUTU WIJAYA. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(10), 4065-4080.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes (Vol. 86). Harvard university press.

Zakaria, U., & Ismail, L. (2022). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 3(2).

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Yuliasari, Y., Hidayah, N. ., & Mahliatussikah, H. (2024). Pemerolehan Bahasa Ibu dalam Perspektif Psikolinguistik: Proses, Faktor, dan Implikasi. ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, Dan Sastra, 2(2), 327–343. https://doi.org/10.59638/isolek.v2i2.408