Analisis Pengaruh Konten Youtube terhadap Perkembangan Kemampuan Berbicara Anak

Authors

  • Dimas Hermawan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.59638/isolek.v3i1.543

Keywords:

Children, Speaking Ability, Youtube Content

Abstract

Speaking ability is one of the language competencies that need to be developed from an early age. In the digital era, technology has become an inseparable part of children's lives. One of the widely used technology products is social media, such as YouTube. This study aims to analyze the influence of YouTube content on the development of children's speaking ability. The method used is qualitative with a phenomenological approach, interview techniques, and source triangulation as data analysis. The results of the study indicate that YouTube content has an effect on the development of children's speaking ability. Children who were previously quiet showed increased self-confidence and speaking skills after routinely watching the Queen Lala YouTube channel. However, the role of parents in supervising and limiting children's access to YouTube content is very important to maximize positive impacts and minimize negative impacts. This study is expected to provide insight to the public about the influence of YouTube content on children's speaking ability.

References

Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. FOKUS: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 4(4), 263-268.

Alya, N., Azia, A. N., Hidayah, U. N., Alisia, N., Kartika, N. A., & Latief, F. (2025). Pemanfaatan Video Animasi Edukatif dalam Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 7(1), 39-52.

Amelia, R. F., & Lestari, T. (2021). Tanggapan orang tua mengenai pengaruh youtube terhadap emosi anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1482-1489.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72.

Cahyani, P. A. H. I., & Rasna, I. W. (2020). Pengaruh media youtube “BabyBus” terhadap keterampilan berbicara anak usia 2 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 95-102.

Fadhillah, N., Kusumawardani, R., & Rosidah, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Youtube Untuk Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Generasi Emas, 6(1), 15-20.

Fika, Y., Meilanie, S. M., & Fridani, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Bicara Anak melalui Bermain Peran Berbasis Budaya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 50.

Firmansyah, M. B. (2018). Model Pembelajaran Diskusi Berbasis Perilaku Berliterasi Untuk Keterampilan Berbicara_Bayu_sept_2017.

Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Kencana.

Julianti, D., & Siagian, I. (2023). Analisis Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5829-5836.

Kurniasih, E. (2019). Media digital pada anak usia dini. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(2), 87-91.

Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika dan strategi dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65-73.

Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis keterampilan berbicara siswa melalui pantun di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3723-3737.

Lestari, I. (2021). Perkembangan bahasa pada anak usia 3-4 tahun. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 113-118.

Lince, L. (2022, May). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 1, pp. 38-49).

Mahardhika, F., Kusumawardani, R., & Asmawati, L. (2023). Pengaruh media YouTube terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 7-21.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.

Nasir, A., Nurjana, N., Shah, K., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Pendekatan fenomenologi dalam penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4445-4451.

Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi data dalam analisis data kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826-833.

Nurwida, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Story Telling Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(2).

Oktari, R. (2023). Dampak konten Youtube terhadap perkembangan bahasa anak. Journal on Teacher Education, 5(1), 528-537.

Panjaitan, P. U., Sulistia, I., Nuraini, I., & Noviyanti, S. (2023). Pengaruh Aplikasi Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7453-7460.

Purwadi, H., Fitriyani, L., & Hidayatullah, M. R. (2023). HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN APLIKASI YOUTUBE DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA (SPEECH DELAY) PADA ANAK USIA 2-6 TAHUN. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 6415-6420.

Rakiyah, S. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Bicara Anak Usia 3 Tahun Melalui Youtube. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 56-66.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267-275.

Rohmah, B., & Aziz, T. (2024). Perkembangan bahasa anak usia dini di era digital: dampak media youtube, peran pengasuhan, dan perubahan sosial. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 213-229.

Room, R., & Syukriady, D. (2024). Sapaan Santun Iye Dan Tabe Dalam Falsafah Budaya Suku Bugis-Makassar. ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra, 2(2), 344-355.

Setiawati, E., & Ulfah, A. (2018). Meningkatkan perkembangan berbicara anak melalui bercerita menggunakan flannel boards. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 98-109.

Sumaryanti, L. (2017). Peran lingkungan terhadap perkembangan bahasa anak. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(01), 72-89.

Zahro, U. A., Noermanzah, N., & Syafryadin, S. (2020, October). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 187-198).

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Hermawan, D. (2025). Analisis Pengaruh Konten Youtube terhadap Perkembangan Kemampuan Berbicara Anak . ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, Dan Sastra, 3(1), 70–80. https://doi.org/10.59638/isolek.v3i1.543