Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory (TEFA) Pada SMK Negeri 8 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.59638/teknos.v1i2.155Keywords:
Model, CIPP, SMK, TEFAAbstract
Indonesia telah bertransisi dari Revolusi Industri 4.0 ke Revolusi Industri 5.0, dengan fokus pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan perbaikan sistem pendidikan di pedesaan untuk mencapai SDM nasional dan global yang berkualitas dan berdaya saing. Pemerintah telah melaksanakan berbagai program, termasuk program 'link and match', untuk memperkuat proses pendidikan dan produksi, meningkatkan kesempatan kerja di dunia usaha, dan mendorong kerja sama antara pemerintah, industri, dan sektor lainnya. Salah satu program tersebut adalah Teaching Factory (TEFA), yang bertujuan untuk mengintegrasikan sekolah dengan industri. Namun penerapan TEFA di kota Makassar masih terbatas, penelitian ini berfokus pada efektivitas model CIPP dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi sekolah dalam menerapkan TEFA. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi konteks, input, proses, produk, dan kinerja sekolah penerapan TEFA di Kota Makassar, serta tantangan yang dihadapi sekolah dalam penerapan TEFA. Penelitian ini menggunakan CIPP (Context, Input, Process, dan Product) Model Evaluasi (Context, Input, Process, dan Product) dalam kegiatan pembelajaran TEFA. Evaluasi program adalah informasi yang mendukung pengambilan keputusan terkait, melibatkan komponenten dan indikator terkait dan interaksi. Model Evaluasi CIPP memberikan manfaat dalam proses pengambilan keputusan dan memberikan bukti pertanggungjawaban atas keberhasilan program kepada masyarakat. Evaluasi menyimpulkan bahwa pembelajaran TEFA telah efektif dalam meningkatkan kompetensi produktif peserta didik, serta dalam mengembangkan sikap mandiri, profesional, dan bertanggung jawab. Meskipun demikian, kesimpulan dari evaluasi menyatakan bahwa pelaksanaan TEFA di SMKN 8 berjalan dengan kategori penilaian sangat baik, namun masih terdapat beberapa aspek yang memerlukan perbaikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dafrid Cahyadi Arifin, Andi Muh Akbar Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.