PERKEMBANGAN PESANTREN DI ERA TEKNOLOGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendiskusikan lembaga pendidikan pesantren mengikuti perkembangan kemajuan teknologi dan informasi yang dapat memberikan warna baru terhadap keberadaannya di Indonesia. Oleh masyarakat umum, pesantren dinilai masih sangat terbelakang dalam penguasaan teknologi, khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk pendidikan. Padahal potensi perbaikan itu ada ketika UU Siskdiknas No 20 tahun 2003 pasal 30 ayat 4, menempatkan posisi pesantren sejajar dengan lembaga pendidikan lain yang ada di Indonesia. Kini, pesantren tidak hanya identik sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan ilmu-ilmu keagamaan saja tetapi juga mengembangkan ilmu pengetahuan umum termasuk pemanfaatan teknologi informasi untuk pendidikan. Oleh karena itu, pesantren tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini. Pesantren harus selalu meng-update informasi-nformasi yang mereka pergunakan. Dengan teknologi informasi pesantren dapat terbantu dalam melakukan penyebaran informasi mengenai profil, kegiatan dan manajemen pesantren dalam pengembangan SDM dan pendidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Alamsyah Alam, Bahaking Rama , Arifuddin Siraj
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.