PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK NON MUSLIM DI SMP MUHAMMADIYAH 11 TELLO BARU MAKASSAR

Authors

  • Sulkifli STAI Al-Gazali Soppeng

DOI:

https://doi.org/10.59638/teknos.v1i2.231

Keywords:

Minat Belajar, Prestasi Belajar, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Arab peserta didik non muslim di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Penelitian ini menggunakan sampel total, yakni semua anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 31 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Adapun teknik anlisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana meliputi uji-t dengan bantuan program SPPS Versi 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dan besarnya pengaruh konstribusi minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar 41,6%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu acuan dan bahan masukan bagi peserta didik dan pihak sekolah untuk memperhatikan dan meningkatkan minat belajar peserta didik agar prestasi belajar Bahasa Arabnya menjadi lebih baik, meningkat dan berkembang.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Sulkifli. (2024). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK NON MUSLIM DI SMP MUHAMMADIYAH 11 TELLO BARU MAKASSAR. TEKNOS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.59638/teknos.v1i2.231

Issue

Section

Articles