PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK NON MUSLIM DI SMP MUHAMMADIYAH 11 TELLO BARU MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.59638/teknos.v1i2.231Keywords:
Minat Belajar, Prestasi Belajar, Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Arab peserta didik non muslim di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Penelitian ini menggunakan sampel total, yakni semua anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 31 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Adapun teknik anlisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana meliputi uji-t dengan bantuan program SPPS Versi 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dan besarnya pengaruh konstribusi minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar 41,6%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu acuan dan bahan masukan bagi peserta didik dan pihak sekolah untuk memperhatikan dan meningkatkan minat belajar peserta didik agar prestasi belajar Bahasa Arabnya menjadi lebih baik, meningkat dan berkembang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sulkifli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.