Penanaman Nilai-Nilai Kedisiplinan pada Anak Melalui Permainan Tradisional (Kelereng) di Kelompok B TK Pertiwi X Belalang

Authors

  • Sri Wardayanti Ridwan Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v1i1.2

Keywords:

Kedisplinan, Permainan Tradisional, PAUD

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelompok B TK Pertiwi X Belalang yang berjumlah 15 orang yang dimana terdiri dari 1 kepala sekolah, 1 guru kelompok B, 6 perempuan, 7 laki-laki. Berdasarkan hasil assesment ditemukan fakta lapangan bahwa tingkat kedisiplian anak kelompok B TK Pertiwi X Belalang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui nilai- nilai kedisiplinan yang diterapkan dikelompok B TK Pertiwi X Belalang, 2) Untuk mengetahui efektifitas permaian tradisional dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan dalam TK Pertiwi X Belalang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya kedisiplian tau akan haknya, menaati aturan kelas, mengatur diri sendiri. hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses penanaman nilai-nilai kedisiplinan menggunakan permaian tradisional sudah berkembang baik. hal ini dibuktikan dari keseluruhan peserta didik kelompok B yang berjumlah 13 anak hanya 1 anak saja yang belum miliki kedisiplinan yang baik.

References

Ahmad Arief W.G, 2018. Game Lomba Balap Kelereng Berbasis Mobile Menggunakan Sensor Accelerometer.

Azizah. 2016. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar. Jurnal: Dinamika Penelitian.

Azra, Azyumardi. 2012. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Jakarta: Alfabeta,

Novan Ardy Wiyani. 2014. Mengelola Dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial Dan Emosi Anak Usia Dini Panduan Bagi Orangtua Dan Pendidik PAUD.Yogyakarta: Arruzz Media.

Permendikbud 137. 2014. Standar Nasional PAUD. Jakarta: Kemendikbud.

Ranala, Abdurrahman. 2018. Lomba Balap Kelereng: Akulturasi Budaya Kuno dan Kepopulerannya di Indonesia.

Rose Mini. 2011. Disiplin Pada Anak. Jakarta: Kemendikbud.

S. Nasution. 1996. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara

Schaefer, C. 2006. Cara Efektif Mendidik dan mendisiplinkan anak. Jakarta: Gunung Mulia.

_____. 1996. Cara Efektif Mendidik dan Mendisiplinkan Anak, terj. R. Turman Sirait. Jakarta: Mitra Utama.

Suryadi. 2011. Menejemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutrisno Hadi. 1986. Statistik II. Yogyakarta: UGM Press

_____. 1995. Metodologi Research. Yogyakarta: UGM Press.

Wiyana, Novan Ardy. 2013. Manajemen Kelas. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zakiyah Drajat. 1996. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Downloads

Published

2022-11-23

How to Cite

Ridwan, S. W. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Kedisiplinan pada Anak Melalui Permainan Tradisional (Kelereng) di Kelompok B TK Pertiwi X Belalang. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v1i1.2