Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.59638/isolek.v1i2.113Keywords:
metode, talking stick, berbicaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK). Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design, di mana kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih tanpa randomisasi, sehingga berbentuk desain Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Populasi penelitian melibatkan seluruh anak kelompok B di TK Taman PAUD Doa Ibu, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelompok B1 dengan 24 anak didik dan Kelompok B2 dengan 20 anak didik. Melalui uji hipotesis, penelitian ini menghasilkan temuan yang signifikan dalam pengaruh penerapan metode Talking Stick terhadap kemampuan berbicara anak-anak di TK Taman PAUD Doa Ibu. Hasil analisis statistik menunjukkan perbandingan antara nilai t hitung (40.645) dan nilai t tabel (1.686). Karena t hitung lebih besar daripada t tabel, maka hipotesis H1 diterima yang menyatakan bahwa metode talking stick berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Usman Usman, Harpina, Syamsuardi, Nur Alim Amri, Sadaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.