Project Strories Book Terhadap Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al Hijrah Kampung Beru

Authors

  • Ummul Khatimah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Alim Amri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Fadhilah Latief Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/isolek.v3i1.509

Keywords:

Project Stories Book, Children, Expressive Language

Abstract

Project Stories Book is an effective learning method to improve children's language skills. By creating a project stories book, children can directly practice activities carried out at home. Expressive language skills are one of the important aspects that must be developed in the early childhood language learning process. This study aims to analyze the effect of project stories book on the expressive language of children aged 5-6 years in group B of Al Hijrah Kindergarten, Kampung Beru, Galesong District, Takalar Regency. This type of research is an experiment that aims to determine expressive language skills with project stories book. The study population was 42 students of Al Hijrah Kindergarten, Kampung Beru Group B. The research sample was determined by purposive sampling, namely 22 students from group B. Data sources used in this study include observation, documentation, and interviews. Data analysis used the Wilcoxon signed rank test using the SPSS 26 application. The results showed that there were 3 children who showed adequate expressive language skills, while 19 other children still experienced problems in expressive language. One of the problems that often arises among the 19 students is a lack of concentration during the learning process.

References

Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. FOKUS: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 4(4), 263-268.

Alya, N., Azia, A. N., Hidayah, U. N., Alisia, N., Kartika, N. A., & Latief, F. (2025). Pemanfaatan Video Animasi Edukatif dalam Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 7(1), 39-52.

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dan penerapannya pada anak usia dini di TK IT Al-Farabi. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 181-199.

Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(2), 105-110.

Amri, N. A., Amri, N., Hajerah, & Usman. (2023). Pengembangan Media Busy Book Pada Aspek Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 406–411.

Anggraini, D. (2017). Penerapan pembelajaran kontekstual pada pendidikan anak usia dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 39-46.

Faizin, N., Masruhim, M. A., & Palenewen, E. (2022, December). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina 3 Tarakan. In Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman (Vol. 3, pp. 20-29).

Fitriana, S. (2019). Kurangnya bahasa ekspresif pada anak usia 5 tahun di Jl. Raden Fatah No 004 Rt 01 Kelurahan Pagar Dewa, Kecamatan. Selebar Kota Bengkulu. Al Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 309-321.

Fitantri, D. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Melalui Pop-Up Anak TK. Pendidikan Guru PAUD S-1, 9(1), 49-58.

Futuhat, N., Rusdiyani, I., & Pratama, T. Y. (2018). Penggunaan Metode PECS (Picture Exchange Communication System) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Autis Di SKH Negeri 01 Kota Serang. Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa, 3(2).

Hadi, G. K. (2018). Pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Banjarsari. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 131-137.

Hapsari, D. I., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 154-161.

Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422..

Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi perkembangan dan indikator pencapaian bahasa reseptif dan bahasa ekspresif pada anak usia dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38-46.

Kamaruddin, I., Suarni, E., Rambe, S., Sakti, B. P. S., Rachman, R. S., & Kurniadi, P. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan: Tinjauan literatur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2742-2747.

Kemendikbudristek. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024 (Issue 021).

Latief, F., Ali, W. W., & Munirah, M. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Buku Bergambar 3D Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Panrita, 3(1), 11-18.

Mareta, E., Andika, W. D., & Munnafiah, N. U. (2024). Pemanfaatan Media Audio Visual pada

Kegiatan Bercerita dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak di TK Khalifah 23 Palembang. Saneskara: Journal of Social Studies, 1(1), 1-9.

Magta, M., Ujianti, P. R., & Permatasari, E. D. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A. Mimbar Ilmu, 24(2),

Maldini, F. C., & Susanti, E. (2021). Penggunaan Youtube Bukatalks sebagai Media Keterampilan Berbicara Siswa SMAN 1 Kalibunder Sukabumi. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 125-132.

Martias, L. D. (2021). Statistika deskriptif sebagai kumpulan informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40-59.

Matovani, D. S., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran sole (self organized learning environment) menggunakan media quiziz terhadap pemahaman konsep. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Mulandini, N. W., Tirtayani, L. A., Psi, M., Manuaba, I. B. S., & Fo, M. (2019). Pengaruh Metode Proyek Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Gugus III Kecamatan Tampaksiring Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 36-46.

Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004

Mujib, A., & Amiruddin, M. F. (2020). Pelatihan Meningkatkan Kemampuan Menulis Arab Pegon Bagi Anak Desa Sumbersari Kencong Kepung Kediri. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa (JPMD), 1(3), 213-227.

Nabella, S. D., Munandar, A., & Tanjung, R. (2022). Likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan sektor tambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Measurement Jurnal Akuntansi, 16(1), 97-102.

Nirwana, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing). ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra, 1(2), 53-67.

Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan metode bercerita dalam meningkatkan literasi anak terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98-106.

Nurachadijat, K. (2023). Efektifitas Metode Ceramah Dan Pembelajaran Taksonomi Kognitif Sebagai Metode Belajar Dalam Meningkatkan Pembelajaran Siswa. Indopedia (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 272-280.

Pakalessy, A., Erniati, E., Jumriati, J., Supriadi, S., & Syukriady, D. (2024). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII-B SMPN 11 Makassar. ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra, 2(1), 100-106.

Pratiwi, P. N., Amri, N. A., & Latief, F. (2024). Pengaruh Digital Storytelling terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Anak pada kelompok B di TK Aisyiyah Cambaya Kabupaten Gowa. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(11).

Prayitno, P. (2019). Pembelajaran Menggambar Berbasis Cerita di Taman-kanak. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU==> https://journal. uny. ac. id/v3/jpa), 8(2), 149-157.

Rahmadani, A. S., & Amal, A. (2024). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Buku Cerita Bergambar terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Di KB Nur Suci Kabupaten Pangkep. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 150-158..

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267-275.

Riswan, & Nurachadijat, K. (2023). Efektifitas Metode Ceramah Dan Pembelajaran Taksonomi Kognitif Sebagai Metode Belajar Dalam Meningkatkan Pembelajaran Siswa. Indopedia (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 272-280.

Simatupang, N. H., Azzahra, S. A., & Ramadhani, F. Z. (2025). Studi Literatur: Menceritakan Kembali sebagai Metode Penguatan Kemampuan Bahasa Indonesia pada Anak Usia Dini. Karawo: Journal of Community Service (KJCS), 3(1), 01-08.

Rohali, A. D., & Mulyeni, S. (2023). Metode bercerita bagi perkembangan berbicara pada anak usia dini di TK Bina Putra Mandiri Cimahi. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 24-33.

Seftyana, M., Syafdaningsih, S., & Rukiyah, R. (2018). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Melalui Metode Proyek Pada Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 88-97.

Suminah, E. Siantayani, Y. Nugraha, D. Ritayanti, U. Nugraha, A. (2018). Penilaian Pembelajaran PAUD. Jurnal Pendidikan, 5(021), 9–39.

Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24-36.

Usman, U., Harpina, H., Syamsuardi, S., Amri, N. A., & Sadaruddin, S. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra, 1(2), 68-77.

Zulela, M. S., Siregar, Y., Elfrida, Y., Rachmadtullah, R., & Warhdani, P. A. (2017). Keterampilan menulis narasi melalui pendekatan konstruktivisme di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 8(2), 112-123.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Khatimah, U., Amri, N. A., & Latief, F. . (2025). Project Strories Book Terhadap Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al Hijrah Kampung Beru . ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, Dan Sastra, 3(1), 81–91. https://doi.org/10.59638/isolek.v3i1.509