Pengaruh Bermain Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Taman Kanak-Kanak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Hasmawaty Hasmawaty Universitas Megarezky Makassar
  • Duwi Purwanti Universitas Nahdlatul Ulama NTB
  • Hajerah Universitas Negeri Makassar
  • Intisari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Bonita Mahmud Institut Agama Islam Negeri Bone

DOI:

https://doi.org/10.59638/isolek.v1i2.114

Keywords:

Bermain, kartu kata, membaca permulaan

Abstract

Membaca permulaan pada anak TK merupakan upaya untuk mengenalkan huruf sejak dini dengan menggunakan media kartu kata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh beriman kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan di TK Mahdiyah Kelompok Kota Makassar. Sampel sebanyak 15 anak didik yang berusia 5-6 tahun. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan observasi dengan memberikan ceklist pada kategori kemampuan anak didik yang menggunakan skala likert 1-5 dengan degradasi mulai dari: sangat kurang, kurang, cukup, baik, dan sangat baik Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan statisitik paramtetrik paired sampel t test. Hasil analisisi data menujukkan bahwa penerapan bermain kartu kata di TK Mahdiya kelompok Kota Makassar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Hasmawaty, H., Purwanti, D., Hajerah, Intisari, & Mahmud, B. (2023). Pengaruh Bermain Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Taman Kanak-Kanak Usia 5-6 Tahun. ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajara, Bahasa, Dan Sastra, 1(2), 78–85. https://doi.org/10.59638/isolek.v1i2.114