Studi Kasus Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Authors

  • Kafita Taurina Universitas Lampung
  • Intisari Intisari Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v2i1.141

Keywords:

Sosial Emosional, Intervensi Anak, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia dini serta intervensi yang dapat dilakukan untuk mendukung perkembangan anak secara optimal. Penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa anak memiliki perkembangan sosial emosional yang perlahan berkembang dibandingkan teman-teman kelasnya. Awalnya saat mengikuti suatu kegiatan anak kurang berpartisipasi aktif, ketika diganggu oleh temannya anak hanya akan diam, tidak mau meminjamkan alat bermain, dan belum bisa bersikap sabar. Namun semakin lama anak mulai mengalami perkembangan menjadi lebih baik. Salah satu intervensi yang dapat dilakukan oleh pihak guru maupun orang tua yaitu dengan cara mengajaknya bermain permainan tradisional yang dapat mengembangkan sikap displin dan sosialisasi anak. Faktor seperti lingkungan sekolah dan rumah memberikan pengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak. Selain itu, pihak sekolah harus terus menjalin komunikasi dengan pihak orang tua terkait kondisi anak selama berada di sekolah, dan melakukan penanganan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak, dan saat dirumah diberikan arahan yang sama agar aspek sosial emosionalnya menjadi lebih maksimal berkembang.

References

Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan Sosial Emosi. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2).

Paggama, A. A., A. Rezky Nurhidaya, & Sadaruddin. (2023). Literature Review Implementasi Bermain Peran untuk Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak di TK: Literature Review Implementation of Role Playing for the Development of Children’s Social Emotional Ability in Kindergarten. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 223–231. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2139

Indanah, & Yulisetyaningrum. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1).

Khaironi, M. (2018). (PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI) Mulianah Khaironi Perkembangan Anak Usia Dini. JURNAL GOLDEN AGE, 3(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47.

https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301

Mukhlis, A., & Handani Mbelo, F. (n.d.). PRESCHOOL Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini ANALISIS PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI PADA PERMAINAN TRADISIONAL.

Mulyani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(1), 133–147. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i1.1013

Muzzamil, F., Fatimah, S., & Hasanah, R. (2017). Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan sosial emosional anak. Murangkalih: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 972–978.

Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02). https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.346

Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2),

https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170

Yenti, S. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) : Studi Literatur. Syahreni Yenti, 14(1).

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Taurina, K., & Intisari, I. (2024). Studi Kasus Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 2(1), 188–193. https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v2i1.141