Penerapan PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Lingkungan Hidup Anak
DOI:
https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v1i2.87Keywords:
Kemampuan sains lingkungan hidup, PBL, Anak usia diniAbstract
Studi kuantitatif ini bertujuan untuk menyelidiki dan mengevaluasi keberhasilan penggunaan metode pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan sains lingkungan hidup pada anak usia dini di TK Islam Assalam Bantaeng. Kegiatan pembelajaran dengan PBL dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan fokus pada kemampuan mengamati proses pertumbuhan tanaman, membandingkan perbedaan jenis-jenis tanaman, mengklasifikasikan bentuk tanama, serta mengukur jenis tanaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi-experiment). Desain penelitian menggunakan one-group pretest dan posttest. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem-Based Learning (PBL). Sampel penelitian ditentukan melalui purposive sampling yaitu penentuan sampel berbadasrkan kriteria meliputi umur anak 5-6 tahun, bersedia untuk dijadikan sampel penelitian sehingga sampel penelititian yang memenuhi kriteria adalak kelompok B1 dengan jumlah 15 anak didik. Proses penelitian dilakukan dengan memberikan pretes sebelum perlakuan dan postest setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan sains lingkungan hidup pada anak usia dini di TK Islam Assalam Bantaeng. Implikasinya adalah pentingnya menerapkan metode PBL dalam pendidikan lingkungan hidup untuk anak usia dini, membantu mereka memahami pentingnya menjaga lingkungan sejak dini, dan merangsang sikap peduli terhadap lingkungan sekitar mereka. Selain itu, pendekatan ini juga berkontribusi pada pengembangan inovasi pendidikan dengan mengaitkan konsep sains lingkungan hidup dengan masalah dunia nyata yang relevan.
References
Arifin, Samsul. 2019. “Metode Problem Base Learning (PBL) Dalam Peningkatan Pemahaman Fikih Kontemporer.” TA’LIM?: Jurnal Studi Pendidikan Islam 2(1): 88–106.
Cabanilla-Pedro, Lily Ann, Margelyn Acob-Navales, and Fe T. Josue. 2004. “Improving Analyzing Skills of Primary Students Using a Problem Solving Strategy.” Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia 27(1): 33–53.
Creswell, John W, and J David Creswell. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications.
Diastuti, Indah Mei, and Agus Sulton. 2021. “The Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) Method Through Marquee Model to Cultivate Literacy.” Tapis?: Jurnal Penelitian Ilmiah 4(2): 220.
Fardiah, Fardiah, Santosa Murwani, and Nurbiana Dhieni. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Sains.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1): 133.
Hasibuan, Rahyana, and Dadan Suryana. 2021. “Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3): 1169–79.
Hasmawaty, Usman, and Intisari. 2023. “Improving Children ’ s Science Skills Through Play Activities in Outdoor Play.” TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini 9: 45–54. https://ojs.unm.ac.id/tematik/article/view/47953/22698.
Hidayati, Wilma Rahmah, and Dadan Suryana. 2021. “Peran Guru Dalam Mengenalkan Sains Pada Anak Usia Dini.” Al-Hikmah?: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education 5(1): 72–78.
Imran, Ranny Fitria, and Rika Partikasari. 2020. “Pengembangan Model Pembelajaran Sains Dengan Konsep Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Mahasiswa PAUD Universitas Dehasen Bengkulu.” Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2): 173–79. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/13646.
Ismail, M. Jen. 2021. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah.” Guru Tua?: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(1): 59–68.
Leman Tarhan, and Burcin Acar-Sesen. 2013. “Problem-Based Learning in Acid and Bases: Learning Achievemens and Student’ Belifes.” Journal of Baltic Science Education 12(5): 565–78.
Masykuroh, Khusniyati, and Tri Wahyuni. 2023. “Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini.” 6(2).
Mayasarokh, Mira, and Ita Yusritawati. 2020. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Melalui Mathematical Modelling Terhadap Self Efficacy Anak Usia Dini Siswa Terhadap Soal-Soal Pemecahan Masalah Yang Dipelajari , Self Efficacy Juga.” : 93–107.
Mihratun, Mihratun, Muhammad Turmuzi, and Heri Hadi Saputra. 2022. “Analisis Penerapan Program Green School Dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Di SDN 18 Cakranegara.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(2c): 794–803.
Mulyani, Ahmad, and Muhammad Rija. 2018. “Industrialisasi, Pencemaran Lingkungan Dan Perubahan Struktur Kesehatan Masyarakat.” Jurnal Biology science and education 7(2): 178–86.
Mulyatno, Carolus Borromeus. 2022. “Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini Dalam Perspektif Teologi Pemerdekaan Y.B Mangunwijaya.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5): 4099–4110.
nabhira aftabi binte islam, Nasir uddin, hafiza sultana. 2020. “Enviromental Changes and General Healt Condition.” 39(1): 73–77.
Naili Sa’ida, Tri Kurniawati, Wahono. 2017. “PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA PENGENALAN KONSEP PENGUKURAN PADA ANAK USIA DINI.” 3.
Nengsi, Mutia Indra, and Delfi Eliza. 2019. “Pelaksanaan Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Anak Dalam Konteks Alam Takambang Jadi Guru.” Aulad?: Journal on Early Childhood 2(2): 28–40.
Palmin, Beata, and Maria Rahayu Anwar. 2022. “Faktor Penghambat Implementasi Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(6): 6395–6408.
Poerwati, Christiani Endah, I Made Elia Cahaya, and Ni Made Ayu Suryaningsih. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Eksperimen Sederhana Dalam Pengenalan Sains Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3): 1472–79.
Rahmani, Nisa Fadhliyah, and & Maila D.H. Rahiem. 2023. “Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Di Raudhatul Athfal Nisa.” 8(1): 12–25.
Rerung, Nensy, Iriwi L.S Sinon, and Sri Wahyu Widyaningsih. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 6(1): 47–55.
Saiful Prayogi1, Muhammad Asy’ari2. 2013. “IMPLEMENTASI MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA.” 20(1): 1–9.
Styowati, Esty, and Febriyanti Utami. 2022. “Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4): 2472–82.
Syah, M.A, Roby Firman. 2017. “Analisa Kebijakan Sektor Lingkungan?: Permasalahan Implementasi Kebijakan Pengelolaan Kawasan Hutan Di Indonesia.” Journal of Governance 2(1).
Ulfa, Maria. 2020. “Problem Based Learning (PBL) Model Dalam Melatih Sikap Mandiri Anak Luar Biasa.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 8(2): 193.
Wijayanti, Dwi Artha, and Sri Katoningsih. 2022. “Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(6): 5886–96.
Wiwi Widiyarti , Riandi, Usep Soetisna. 2018. “Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Siswa”.” 5(14): 63–65.
Yaswinda, Yaswinda, Dona Mailinda Eka Putri, and Irsakinah Irsakinah. 2023. “Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan Untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(1): 94–103.
Yaswinda, Yulsyofriend. 2018. “Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam.” Yaa Bunayya?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(2): 13–22.
Yunita, Tisa, Tsabitah Rafifah, Tsani Shofiah Nurazizah, and Husen Windayana. 2022. “Membangun Kualitas Budaya Dan Lingkungan Sekolah Melalui Program Adiwiyata.” Aulad: Journal on Early Childhood 4(3): 320–28.
Zulfa, Vania, Milson Max, Iskar Hukum, and Irfan Ilyas. 2015. “Isu-Isu Kritis Lingkungan Dan Perspektif Global.” Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan 5(1): 29–40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurlaelah Yodding, Mirna, Siskatul Patlia, Rani, Muhammad Restu Susanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.