PENGARUH METODE PEMBIASAAN UNTUK MENANAMKAN KARAKTER JUJUR PADA ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v2i1.185Kata Kunci:
Metode Pembiasaan, Karakter, JujurAbstrak
Karakter kejujuran adalah sikap yang harus dikembangkan sejak dini melalui latihan dan pembiasaan yang konsisten agar menjadi kebiasaan yang melekat pada diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembiasaan untuk menanamkan karakter kejujuran pada anak usia dini usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimenta one group pretest dan postest. Dengan jumlah sampel penelitian 20 anak didik yang ditetapkan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan menggunakan skala likert. Untuk menganalisis data digunakan uji paired sampel t test dengan bantuan IBM SPSS 23. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata pretest dan postest dalam pengembangan perilaku kejujuran pada indikator anak berkata benar, anak mengakui kesaalah, tidak menyembunyikan informasi, menunjukkan kejujuran dalam permainan, memiliki tanggungjawab, penggunaan metode pembiasaan dapat mengembangkan karakter kejujuran anak usia dini 5-6 tahun.
Referensi
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Akhyar, Y., & Sutrawati, E. (2021). Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak. Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 132–146. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.363
Alifah, L., Nabilatul Fauziah, D., & Syafrida, R. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Berkata Tolong, Maaf, Terimakasih Untuk Pembentukkan Karakter Pada Anak 5-6 Tahun Di Tk Islam Dzakra Lebah Madu. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 4, 390–403. https://doi.org/10.31604/ptk.v4i3.390-403
Alvi, R. R., Zalfa, G., Ayub, D., Maria, I., Perdani, U., & Anggoro, A. (2022). Meningkatkan Jujur Anak melalui Permainan Rakyat Congklak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5414–5424. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2973
Amini, M., & Mariyati, M. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2101–2113. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1128
Anggraeni, C. E. & M. S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung jawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100–109. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39692
Ansori, Y. Z. (2021). Strategi Pendidik dalam Menumbuhkan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261–270. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1208
Berlianti, R., Kurniawan, K., & Cikdin, C. (2021). IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 12(2), 1–13. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v12i2.384
Chairilsyah, D. (2016). METODE DAN TEKNIK MENGAJARKAN KEJUJURAN PADA ANAK SEJAK USIA DINI. Educhild, 5(1), 8–14.
Frey, B. B. (2016). Paired-Samples t Test. In There’s a Stat for That!: What to Do & When to Do It (pp. 46–47). SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781071909775.n18
Hafidz, N., Kasmiati, K., & Diana, R. R. (2022). Pembiasaan Nilai-Nilai Keagamaan dalam Mengasah Kecerdasan Spiritual Anak. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 182–192. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.310
Hartono, T., Rochman, F. S., & Fikri, W. N. (2019). Implementasi Metode Pembiasaan Modelling Perspektif Teori Behaviorisme di RA Syamila Kids Kota Salatiga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(2), 325. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i2.5985
Hendarwati, E., , W., & Setiawan, A. (2019). Implementasi Nilai Kejujuran Pada Anak Usia Dini Melalui Media Ular Tangga. Motoric, 3(1), 26–39. https://doi.org/10.31090/m.v3i1.884
Ismi Hasanah, B., & Amir, L. (2020). PENGAWASAN DINAS SOSIAL DALAM PENANGGULANGAN ANAK JALANAN DI KOTA JAMBI. Mendapo: Journal of Administrative Law, 1(3), 132–148. https://doi.org/10.22437/mendapo.v1i3.11063
Kesuma, D. (2011). Pendidikan karakter: kajian teori dan praktik di sekolah. PT Remaja Rosdakarya. https://books.google.co.id/books?id=23SktQEACAAJ
Mee, R. W., & Chua, T. C. (1991). Regression toward the mean and the paired sample t test. American Statistician, 45(1), 39–42. https://doi.org/10.1080/00031305.1991.10475763
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215
Mulyasa. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara Group. https://books.google.co.id/books?id=GT6AEAAAQBAJ
Ningsih, K. A., Prasetyo, I., & Hasanah, D. F. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sentra Bahan Alam. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1093–1104. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1172
Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. basuki. (2014). Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 3(2), 127–135. https://repository.unair.ac.id/124912/
Puspita, A., & Harfiani, R. (2024). Penerapan Pembiasaan Positif Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25–38. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.425
Qodratillah, M. T., Harimansyah, G., Hardaniwati, M., Sitanggang, C., Sulastri, H., Budiwiyanto, A., Amalia, D., Darnis, A. D., & Puspita, D. (2011). Kamus bahasa indonesia untuk pelajar. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Retnaningtyas, W., & Zulkarnaen, Z. (2023). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 374–383. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3826
Ross, A., & Victor L. Willson. (2017). Basic and Advanced Statistical Tests Independent Samples T-Test (A. Ross (ed.)). Brill. https://doi.org/10.1007/9789463510868_004
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Surifah, J., Rosidah, L., & Fahmi, F. (2018). PENGARUH METODE PEMBIASAAN TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Ex-post Facto di KB-TKIT Raudhatul Jannah Cilegon Banten). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 113. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i2.4699
Tasmara, T. (2001). Kecerdasan ruhaniah (transcendental intelligence): Membentuk kepribadian yang bertanggung jawab, professional, dan berakhlak. Gema Insani. https://books.google.co.id/books?id=MHEdzR47cuwC
Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58
Usmadi, U. (2020). PENGUJIAN PERSYARATAN ANALISIS (UJI HOMOGENITAS DAN UJI NORMALITAS). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Usman, Arismunandar, Sadaruddin, Syamsuardi, Hasmawaty, & Hajerah. (2023). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. NANAEKE Indonesian Journal of Early Childhood Education, 6, 156–169. https://doi.org/10.24252/nananeke.v6i2.43418
Usman, Hasmawaty, Sadaruddin, Nasaruddin, & Syamsuardi. (2023). Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. 9(2), 338–347. https://doi.org/10.24252/nananeke.v6i2.43418
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Kencana.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Baiq Mulianah, Duwi Purwati, Bonita Mahmud, Harpina

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.














