Upaya Meningkatkan Moral Berbasis Cerita Rakyat Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pusat Paud Bunga Mawar
DOI:
https://doi.org/10.59638/isolek.v2i1.310Keywords:
Meningkatkan Moral, Cerita RakyatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan moral anak usia 5-6 Tahun menggunakan metode cerita rakyat di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Bunga Mawar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan kengiatan metode bercerita Dengan masalah sebangai berikut pertama bagaimana meningkatkan moral anak melalui cerita rakyat, kedua apakah perkembangan moral anak dapat ditingkatkan menggunakan cerita rakyat. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan moral anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkam melalui cerita rakyat di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Bunga Mawar. Penelitian tindakan kelas di lakukan di Taman Kanak-Kanak Pusat Paud Bunga Mawar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tiap siklus terdiri atas atas: tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Pengambilan data melalui tehnik pengumpulan data dan tehnik analisis data. Indikatornya adalah sebangai berikut: meningkatkan moral melalui cerita rakyat. Hal tersebut dapat dilihat bahwa hasil penelitian setelah dilakukan metode bercerita bahwa tingkat kemampuan moral anak termasuk pada katagori berkembang sesuai harapan ada 3 orang anak, yang tergolong berkembang sangat baik, ada 12 orang anak.
References
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Refika Aditama.
Anggrainy, N. E. (2021). Dongeng dan Perkembangan Moral Anak. SPECTRUM: Journal of Gender and Children Studies, 1(1), 38-45.
Bantani, F. D., Jamaludin, U., & Pribadi, R. A. (2023). KONSEP PEMBELAJARAN KARAKTER DAN PENANAM MORAL MELALUI CERITA ANAK DI LAMAN LETSREADASIA. ORG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3602-3615.
Dheasari, A. E. (2020). Pengembangan Media Bigbook Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Empati dan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 12(1), 41-54.
Eliza, D. (2017). Pengembangan model pembelajaran karakter berbasis cerita tradisional Minangkabau untuk anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b).
Erniati, E., Supriadi, S., Jumriati, J., & Syukriady, D. (2024). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN UNTUK MAHASISWA TUNANETRA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN AUDIO DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1064-1074.
Gowasa, H., Tampubolon, H., & Simbolon, B. R. (2024). Analisis Dampak Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Moral Anak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1086-1095.
Indriani, R., Fitri, R., & Nasaruddin, R. (2024). UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI MENDONGENG DI TK IGTKI PGRI HARAPAN BANGSA KABUPATEN PANGKEP. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2(1), 76-83.
Kemmis, S., McTaggart, R., Nixon, R., Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. The action research planner: Doing critical participatory action research, 1-31.
Kore, K. D. D., Robot, M., & Jama, K. B. (2023). IMPLIKATUR DAN MAKNA DALAM CERITA RAKYAT KOLO MERABU DI SABU RAIJUA. Bianglala Linguistika: Jurnal Linguistik, 11(2), 52-56.
Lestari, M. A., Eliyanti, M., & Permana, A. (2017). Efektivitas penggunaan media buku cerita bergambar dalam penanaman nilai-nilai moral siswa SD kelas rendah. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(2).
Mashudi, E. A., & Widjayatri, D. (2022). PENERAPAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS CERITA RAKYAT NUSANTARA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KOTABARU KECAMATAN SERANG. Ana'Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 48-57.
Nasaruddin, R. (2019). Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Karakter Anak di TK Mawar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 2(1), 43-52.
Nasaruddin, N., Sadaruddin, S., Nurlia, N., & Wulandari, I. (2024). The Effectiveness Of Storytelling Methods In Improving Children's Character In Kindergarten. Available at SSRN 4933471.
Rahman, N., Supriadi, S., Nurdiansyah, E., Erniati, E., & Arief, H. (2024). Kemampuan Membaca dan Karakter Siswa Kelas III di SD Negeri Palamba Langowan Selatan. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 6(2), 49-55.
Rahmat, P. S. (2021). Perkembangan peserta didik. Bumi Aksara.
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan storytelling dengan menggunakan cerita rakyat Sasak pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153-160.
Rani, N. A., Supriadi, S., & Tumpu, H. A. B. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN VIDEO DOKUMENTER UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS VII-A SMP NASIONAL MAKASSAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2(3), 823-835.
Suhasni, S., Supriadi, S., & Erniati, E. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VII MTs NURUL FALAQ LENGKO RANDANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2(3), 836-849.
Syukriady, D., Arief, H., & Jumriati, J. (2023). TELAAH UNSUR EKSTRINSIK CERITA PENDEK “PROTES” KARYA PUTU WIJAYA. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(10), 4065-4080.
Tan, K. N., Raka, C. S., & Yudani, H. D. (2016). PERANCANGAN GAME APLIKASI BERBASIS SMARTPHONE TENTANG CERITA RAKYAT DEWI SANGGALANGIT BAGI ANAK USIA 5-7 TAHUN. Jurnal DKV Adiwarna, 1(8), 10.
Usman, U., & Amri, N. A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajara, Bahasa, dan Sastra, 1(2), 68-77.
Wardani, N. E., & Widiyastuti, E. (2015). Integrated thematic learning model based on wayang kancil which can be used to teach character education values to pupils of elementary schools in surakarta, indonesia. Asian journal of management sciences & education, 4(2), 36-41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Karmila Karmila, Supriadi Supriadi, Nasaruddin Nasaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.