Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII-B SMPN 11 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.59638/isolek.v2i1.275Keywords:
Discovery Learning, Menulis, BeritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan menulis berita peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 11 Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan menulis dengan penerapan model Discovery Learning. Data yang diperoleh dilaksanakan dalam dua siklus yaitu silus I dan siklus II dengan tahapan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 11 Makassar yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 14 siswa pria dan 14 orang siswa wanita. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi penilaian keterampilan menulis peserta didik, dan hasil kemampuan menulis peserta didik serta dokumentasi hasil kerja peserta didik, sedangkan kriteria keberhasilan yaitu dari segi hasil yang dicapai hasil kelas VIIIB SMP Negeri 11 Makassar dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata keterampilan menulis peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II mencapai 75 dari jumlah peserta didik yang mendapatkan nilai >75 (KKM keterampilan menulis). Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis berita peserta didik dengan memperhatikan nilai rata-rata dari aspek penilaian keefektifan dalam memperhatikan penjelasan cukup; kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan guru cukup; sikap dalam menerima materi pembelajaran cukup; ketahanan konsentrasi peserta didik cukup; dan hasil penelitian siklus I mencapai 65,6 dan pada siklus II meningkat, mencapai 90,3 dan sudah memenuhi standar kreteria ketuntasan Minimal (KKM) yang ditargetkan oleh peneliti.
References
Anggraini, D. (2020). Contribution of Vocabulary Mastery on News Writing Skill. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 485(Iclle), 218–222. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.037
Arief, H., Jumriati, J., Syukriady, D., Erniati, E., Supriadi, S., Tumpu, A. B., ... & Room, R. (2024). Penguatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Disabilitas Melalui Pendampingan Magang PPL. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(2), 603-616.
Supriadi, S. (2022). PENERAPAN METODE DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA DI SMK. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3), 543-555.
Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Bumi Aksara.
Asri, A. S. (2017). Telaah buku teks pegangan guru dan siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VII berbasis kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70-82.
Erniati, E., Muslima, M., Rachim, N., & Shidiq, M. A. (2022). Penerapan model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan menyimak teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(1), 26-39.
Jumriati, J. (2022). Efektivitas metode problem based learing dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 11-20.
Kurniawan, H. „Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013)?, 206. Jakarta: Prenada Media Group, nd.
Rani, N. A., Supriadi, S., & Tumpu, H. A. B. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN VIDEO DOKUMENTER UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS VII-A SMP NASIONAL MAKASSAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2(3), 823-835.
Rezky, M., Kaddas, B., & Syukriady, D. (2024). Peningkatan Penulisan Cerita Pendek Menggunakan Metode Copy The Master Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Mandai Kabupaten Maros. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 6(2), 97-105.
Telaumbanua, S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Bagi Pembelajar Bahasa. Penerbit Lakeisha.
Safi'i, I., Rufaidah, I., Anggara, U. E., & Sobri, S. (2021). Instrumen evaluasi teks berita dalam buku teks BSE bahasa indonesia. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7 (2), 143-150.
Saparuddin, R., & Syukriady, D. (2024). IMPROVING THE WRITING SKILLS OF COMPLEX PROCEDURAL TEXTS WITH SCRAMBLE METHOD FOR STUDENTS OF CLASS VII-A SMP NEGERI 25 MAKASSAR. JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES, 2(03), 980-995.
Suandi, I. N., & I Nyoman Sudiana, I. (2018). Keterampilan Berbahasa Indonesia.
Tumpu, A. B., & Nurdiansyah, E. (2020). DESAIN INOVASI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MAHASISWA TUNANETRA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS AUDIO DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 3(1), 75-88.
Supriadi, S., Tasya, T., & Erniati, E. (2024). Application of the Snowball Throwing Model in Improving Skills Writing Review Texts at Makassar City Middle School. Journal of Research and Multidisciplinary, 7(1), 864-875.
Suryadi, E., & Ramadhan, A. T. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VII SMPN 1 Air Kumbang Banyuasin Melalui Metode Outdoor Study. Global Expert: Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(1).
Suwiti, I. K. (2022). Implementasi model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(4), 628-638.
Syukriady, D. (2022). Upaya Meningkatkan Antusias Dan Kinerja Belajar Bahasa Indonesia Dalam Materi Teks Deskripsi Di Kelas Vii Mts Yaspi Sambung Jawa Makassar Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 2175-2194.
Syukriady, D., Febianto, D., Mamonto, S., Safar, M., & Sari, N. I. (2023). Tantangan Guru Bahasa Indonesia Di Era Tranformasi Digital Dan Teknologi Berkelanjutan Dalam Mewujudkan Peserta Didik Yang Berkarakter Kuat Positif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 6921-6930.
Syukriady, D., & Pada, B. T. (2022). Telaah Diksi Dalam Ragam Bahasa Jurnalistik Tajuk Rencana Surat Kabar Harian Republika: Sebuah Tinjauan Semantik. EDULEC: Education, Language, and Culture Journal, 2(3), 269-284.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aisa Pakalessy, Erniati Erniati, Jumriati Jumriati, Supriadi Supriadi, Dwi Syukriady

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar | Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 09 No. 29 Makassar, Sulawesi Selatan Indonesia| International Journal of Community Service Learning is licensed under This work is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.






