Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kreasi Di Taman Kanak-kanak

Authors

  • Auliya Rizkyani Yusri Universitas Islam Makassar
  • Nirwana Nirwana Universitas Islam Makassar
  • Riskal Fitri Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v2i3.411

Keywords:

kemampuan motorik kasar, perkembangan motorik, tari kreasi

Abstract

This study aims to improve children's gross motor skills using dance movement activities. The type of research conducted to improve children's gross motor skills is classroom action research (CAR) in the form of collaboration between teachers and two cycles with creative dance activities. Where in one cycle there is planning, observation and reflection. The results showed that creation dance can improve gross motor skills in group B children at Ihya Al Ulum Kindergarten Makassar. Gross motor skills of children that can be improved include. coordination of locomotor movements. This can be seen from the initial action observation that children's gross motor skills have not developed 75.00% in group B children, in cycle I still need a lot of action because there has not been much change in the undeveloped criteria owned by 62.50% in group B children and in cycle II it developed very well 81.25% in group B children.

References

ARDIYANSYAH, M. (2019). PENERAPAN METODE BERMAIN MELALUI GERAK TARI UNTUK MENUMBUHKAN APRESIASI ANAK USIA DINI (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Arikunto Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan II. Yogyakarta: Aditya Media.

Asmidarwati, A., Salmiati, S., & Rahmat, Z. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak Dalam Pembelajaran Daring Pada Anak TK Save The Kids Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).

Atikah, C. (2023). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 75-81.

Delia, A. S., & Yeni, I. (2020). Rancangan Tari Kreasi terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1071- 1079.

Djuanda, I., & Agustiani, N. D. (2022). Perkembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Tari Kreasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 33-45.

Farida, A. (2016). Urgensi perkembangan motorik kasar pada perkembangan anak usia dini. Jurnal Raudhah, 4(2).

Febrianingrum, P.S. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A MELALUI PERMAINAN BOCCE DI TK Hj.ISRIATI BAITURRAHMAN I SEMARANG (Unpublished undergraduate thesis). Universitas Negeri Semarang.

Haida, G., Samsidar, S., & Daulay, F. (2023). Tarian Kreasi sebagai Sarana Efektif Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7277-7287.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.

Nasution, L. M., Lubis, M. Y., & Pulungan, S. H. (2024). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Tari Kreasi Di TK Putri Kembar Pasir Julu. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 69-83.

Nurhakim, A. (2023). Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli dan Fungsi Pentingnya. Retrieved from https://www.quipper.com/id/blog/info- guru/pendidikan-menurut-para-ahli/Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. (n.d.). Diakses dari https://disdikpora.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/18_pentingnya pendidikan-anak-usia-dini

Rahmawati, D., & Nurtresna, R. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI (Penelitian Tindakan Kelas Di TK An Najah Kota Serang Banten). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN dan Matematika), 3(01), 78-86.

Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6–7 tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100.

Umam, W. by, & Umam. (n.d.). Tari Kreasi: Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Jenis dan Unsurnya. Diakses dari https://www.gramedia.com/literasi/tari- kreasi-adalah/

Usman, U., Hasmawaty, H., Sadaruddin, S., Syamsuardi, S., & Nasarudin, N. (2023). Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Usia Dini, 9(2), 338.

Yd. (2021). 6 Manfaat Pentingnya Melatih Fisik Motorik Anak Usia Dini. Diakses dari http://yd.blog.um.ac.id/6-manfaat-pentingnya-melatih-fisik-motorik- anak-usia-dini/

Yusran, Ramlah (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK USIA DINI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Yusran, R., & Sadaruddin, S. (2024). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Kinestetik Anak Usia Dini. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 7(1), 47–55. Retrieved from https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/AIJER/article/view/1470

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Yusri, A. R., Nirwana, N., & Fitri, R. (2024). Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kreasi Di Taman Kanak-kanak. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 2(3), 383–392. https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v2i3.411