Implementasi Pembelajaran Outdoor dalam Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kreativitas Anak
DOI:
https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v3i1.467Keywords:
Pembelajaran outdoor, kurikulum merdeka, kreativitas, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran outdoor dalam Kurikulum Merdeka dan menganalisis dampaknya terhadap peningkatan kreativitas anak usia dini kelompok B di TK Islam Terpadu As-Sunnah Makassar. Latar belakang penelitian ini berangkat dari terbatasnya pelaksanaan kegiatan pembelajaran di luar ruangan yang hanya dilakukan di sekitar lingkungan sekolah karena kendala perizinan dari yayasan, padahal Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran kontekstual dan eksploratif yang dapat menumbuhkan kreativitas anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, lima guru, sepuluh peserta didik, dan lima orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran outdoor masih terbatas pada area sekitar sekolah, kegiatan tersebut berkontribusi positif terhadap perkembangan kreativitas anak, seperti meningkatnya keberanian dalam mencoba hal baru, kemampuan eksplorasi, dan munculnya ide-ide kreatif. Namun, keterbatasan ruang gerak dan fasilitas menjadi hambatan dalam mengoptimalkan pembelajaran outdoor. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama antara guru, orang tua, dan yayasan untuk mendukung perluasan akses anak terhadap kegiatan pembelajaran luar ruangan yang lebih bermakna dan berkelanjutan.
References
Al Ayyubi, A. Z. (2024). Efektivitas pembelajaran di luar kelas (outdoor activities) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya (Skripsi, UIN KHAS Jember).
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Penjelasan lingkup capaian pembelajaran fase fondasi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Halamury, M. F. (2024). Strategi edutainment berbasis outdoor learning dalam pendidikan anak usia dini. Academia Publication.
Husamah. (2023). Pembelajaran luar ruang untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 5(1), 23–33.
Imro’ah, A., Haryanto, S., & Adi, N. P. (2022). Meningkatkan kreativitas AUD melalui bermain outdoor di PAUD TPQ Roudhatul Muhajirin. Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, 3(1), 11–19.
Inayati, U. (2022). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304.
Insania, F., & Pasaribu, M. (2024). Implementasi dan optimalisasi Kurikulum Merdeka terhadap kemampuan berpikir kreatif pada anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 278–289.
Maritza, R., & Hariyanti, D. P. D. (2023). Pembelajaran outdoor untuk menstimulasi perkembangan berpikir kritis anak usia dini. Dalam Seminar Nasional: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.
Marten, S. (2024). Siswa di Indonesia tak mampu berpikir kreatif. Art Calls Indonesia. https://artcallsindonesia.com/read/siswa-di-indonesia-tak-mampu-berpikir-kreatif
Meyer, F., Johansz, D., Laumaly, A., Porumau, D., Lestari, L., Sugiarto, S., ... & Jahlana, Y. (2023). Pembelajaran outdoor “Pohon Singgah” berbasis lingkungan dan teknologi pada anak-anak di Desa Patti. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(2).
Mutiah, E., & Srikandi, S. (2021). Konsep pengembangan kreativitas AUD. Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15.
Nirwana, N., Nasaruddin, R., Mulyadi, M., & Minarni, M. (2022). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui metode proyek di PAUD KB Atirah. AIJER: Algazali International Journal of Educational Research, 5(1), 76–84.
Sadaruddin, S., Ahmad, A., Jabu, B., Syamsuardi, S., Usman, U., & Hasmawaty, H. (2023). Development of DEDEN-PjBL model in stimulating children’s creativity. Journal of Research and Multidisciplinary, 6(2), 770–786.
Sadaruddin, S., Syamsuardi, S., Usman, U., Hasmawaty, H., & Nasaruddin, N. (2024). Effect of DEDEN-PjBL model on children’s creativity. Journal of Research and Multidisciplinary, 7(1), 827–833.
Shalehah, N. A. (2023). Studi literatur: Konsep kurikulum merdeka pada satuan PAUD. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70–81.
Suwardi, T., & Aliyyah, R. R. (2024). Penerapan pembelajaran luar kelas pada sekolah dasar: Studi implementasi Kurikulum Merdeka. Karimah Tauhid, 3(1), 205–228.
Tibe, A. M., Yanti, R., & Jamaluddin, N. E. (2023). Efektivitas penggunaan metode outdoor learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(1), 769–781.
Yani, A. (2021). Aktivitas permainan dalam outdoor education. Ahlimedia Book.
Yuzila, B. Y., Tahir, M., Astawa, I. M. S., & Astini, B. N. (2023). Metode outdoor learning untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5–6 tahun. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2111–2117.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 A. Suryang Sari, Mulyadi Mulyadi, Nasaruddin Nasaruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.














