Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v3i1.479Keywords:
Anak usia dini, kemandirian, peran guru, peran orang tuaAbstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dan guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar anak di RA Radhiatul Adawiyah Mangga Tiga, Kota Makassar. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian mencakup guru, orang tua, dan anak didik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi guna memperoleh gambaran yang komprehensif mengenai peran orang tua dan guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar anak usia dini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa orang tua dan guru memiliki peran yang sangat penting dan saling melengkapi dalam mendukung proses belajar mandiri anak. Orang tua berperan sebagai pendamping utama di rumah, memberikan dukungan emosional, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, serta menjadi teladan dalam kedisiplinan dan tanggung jawab. Sementara itu, guru berperan dalam merancang kegiatan pembelajaran yang mendorong anak untuk berpikir kritis, mengambil keputusan sendiri, dan mengembangkan rasa percaya diri. Setelah adanya sinergi antara peran orang tua dan guru, anak-anak mengalami peningkatan dalam beberapa aspek, seperti rasa percaya diri, kemampuan mengelola emosi, kemandirian dalam menyelesaikan tugas, serta kemampuan membangun hubungan sosial yang positif dengan teman sebaya. Anak-anak juga terlihat lebih antusias dalam mengikuti kegiatan belajar dan menunjukkan kemampuan untuk bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan. Penelitian ini menegaskan bahwa peran aktif dan kolaboratif antara orang tua dan guru sangat signifikan dalam menumbuhkan kemandirian belajar pada anak usia dini. Oleh karena itu, diperlukan komunikasi yang intensif dan strategi yang selaras antara lingkungan rumah dan sekolah agar perkembangan kemandirian anak dapat terfasilitasi secara optimal.
References
Alfianti, F. (2021). Pengaruh Komunikasi Terstruktur dalam Mendukung Kemandirian Anak di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(2), 137-145.
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Harvard University Press.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Springer Science & Business Media.
Dewi, S., et al. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 145-153.
Firdaus, M., et al. (2021). Pendekatan Pendidikan yang Memberikan Kebebasan dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(3), 214-222.
Hartati, S., & Junaidi, T. (2020). Peran Pembiasaan dan Penguatan Positif dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(3), 234-241.
Hidayat, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(4), 200-208.
Kusuma, A. (2021). Membangun Karakter Anak melalui Pembelajaran Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kuswandi, D. (2021). Peran Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 13(4), 187-195.
Mulyani, T. (2020). Pendekatan Pengajaran yang Memotivasi Kemandirian Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran dan Psikologi, 12(1), 77-85.
Nugroho, E. (2021). Pemahaman Orang Tua tentang Kemandirian Belajar pada Anak Usia Dini: Sebuah Studi Kasus. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 56-63.
Nurhadi, M., & Rini, S. (2021). Membangun Kemandirian Anak melalui Peran Guru dan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 89-97.
Piaget, J. (1970). The Psychology of the Child. Basic Books.
Prasetyo, A., & Fauzi, R. (2021). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(3), 217-225.
Rahayu, R., & Rizki, D. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(4), 157-164.
Santoso, R. (2019). Teori Perkembangan Anak: Aplikasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sari, A. (2022). Pentingnya Pendekatan Mandiri dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 33-41.
Sari, N., & Lestari, D. (2021). Pendekatan Inklusif dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 39-47.
Septiani, N. (2021). Pendidikan Kemandirian Anak dalam Lingkungan Keluarga dan Sekolah. Jurnal Psikologi Anak, 12(4), 102-110.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wahyuni, D. (2020). Peran Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 105-112.
Wati, L. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(2), 78-86.
Wulandari, D. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 144-151.
Zimmerman, B. J. (2000). Attaining Self-Regulation: A Social Cognitive Perspective. In M. Boekaerts, P. R. Pintrich, & M. Zeidner (Eds.), Handbook of Self-Regulation (pp. 13-39). Academic Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Hisma, Mulyadi Mulyadi, Ashar Ashar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.














