Pemanfaatan Media Daur Ulang Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v3i1.491Kata Kunci:
Daur ulang, kreativitas, anak usia dini, taman kanak-kanakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media daur ulang oleh pendidik dan menganalisis peningkatan kreativitas anak usia dini kelompok A TK Tunas Sejahtera Majannang melalui kegiatan tersebut. Kreativitas merupakan aspek penting dalam perkembngan anak usia dini, dan pemanfaatan bahan-bahan daur ulang diyakini dapat menjadi stimulus yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif terhadap proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan pendidik, dan dokumentasi hasil karya anak serta catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara tematik dan deskriptif, mengidentifikasi pola-pola penggunaan media daur ulang dan perubahan indikator kreativitas anak seperti orisinalitas, fleksibilitas, elaborasi, dan kelancaran ide. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik secara aktif memanfaatkan berbagai jenis bahan daur ulang dalam kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk mendorong eksplorasi dan imajinasi anak. Lebih lanjut, temuan penelitian mengindikasikan adanya peningkatan yang signifikan dalam berbagai aspek kreativitas anak setelah mengikuti kegiatan yang terintegrasi dengan pemanfaatan media daur ulang secara berkelanjutan. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi anak untuk bereksperimen, memecahkan masalah, dan menghasilkan karya unik dan personal. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan media daur ulang merupakan pendekatan yang efektif dan inovatif dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di TK Tunas Sejahtera Majannang.
Referensi
Ardiansyah, A. F., Santi, A. U. P., Widyasri, N., & … (2020). Pemanfaatan Limbah Gelas Plastik Menjadi Hiasan Dinding Untuk MeningkatkanKreativitas Masyarakat Jalan Lele Rt 03 Rw 05. Seminar nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Asri, K. H. (2022). Pengembangan Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren Melalui Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Menuju Era Digital 5.0. ALIF, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.37010/alif.v1i1.710
Enes,S. O., Nurhamani Indah, Rayhansyach, K. G., & Kasman Adrias. (2023). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Menjadi Kreasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Indonesia Journal of Community Services in Eigneering & Education (IJOCSEE)
Khalil, F., & Rindaningsih, I. (2023). Pentingnya Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kinerja Karyawan Pada Yayasan Minhajussunnah Surabaya. SOCIETY, 13(2). https://doi.org/10.20414/society.v13i2.6669
Laila,A., & Shari, s. (2016). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa dalam Pemanfaatan Barang-barang Bekas pada mata kuliah Media Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 1-15. http://efektor.unpkediri.ac.id
Muis, A. A., Mursalim, N., Najmi. N. Y., Setiawan, I., S, N., Aris, M. R., Asdar, M., Ramadhani, S., Afdal, A., Copyright: Manan, Iran, Agusalim, kamaruddin, Jufri Agus, Suarti, Sri Sumantri, Tria & Aziza, N. (2020). pemanfaatan Sampah Plastik Dalam Upaya Merawat Lingkungan Guna menumbuhkan Kreativitas masyarakat. Community Development Journal : Jurnal Pngabdian masyarakat. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2484
Mujahidin, Tajuddin, Y., & Saputra, S. (2021). Pelatihan Pengolaan Sampah Rumah Tangga di Desa Pematang Johar, Deli Serdang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 623-630. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4316
Nirwana. (2022). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui metode proyek. Makassar.
Piaget, J. (1972). The psychology of the child. New York: Basic Books.
Putri, D. C., & Renyoet, B. S. (2023). Studi Literatur: Investasi Kesehatan Gizi Dan Perkembangan Anak Dan Remaja. Jurnal Ners, 7(1), 353–360. https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.13391
Sadaruddin, S., Ahmad, A., Jabu, B., Syamsuardi, S., Usman, U., & Hasmawaty, H. (2023). Development of Design, Explain, Development, And Evaluation-Project Based Learning (DEDEn-PjBL) Model in Stimulating Children’s Creativity. Journal of Research and Multidisciplinary, 6(2), 770–786. http://journal.alhikam.net/index.php/jrm
Sadaruddin, S., Syamsuardi, S., Usman, U., Hasmawaty, H., & Nasaruddin, N. (2024). Effect of DEDEN-PjBL Model on Children’s Creativity. Journal of Research and Multidisciplinary, 7(2014), 827–833. https://doi.org/10.5281/jrm.v7i1.85
Surahman, S. (2021). Model pembelajaran sentra bahan alam kreativitas anak usia dini. Surakarta.
Tulfitri, A., & Lilianti, E. (2020). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Kantong Plastik dan Botol). J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat). https://doi.org/10.3734/j-abdipamas.v4i1.559
Wahyudi, K., Tualeka, B. A., & Pujileksono, S. (2021). Implementasi Kebijakan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah: Studi Kasus Komite Sman Dan Smks Kota Surabaya. JURNAL ILMU SOSIAL Dan ILMU POLITIK, 1(2), 109. https://doi.org/10.30742/juispol.v1i2.1789
R. Yuni, F . Hayati, and L. Amelia, “Pengembangan Media kreatif Barang Bekas Untuk Melatih Kreativitas Anak Kelompok B Di Tk Cut Meutia Banda Aceh, “J. Ilm. Mhs. Pendidi., 2020 (Online). Available:
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Harmila Wati, Nirwana Nirwana, Erwin Nurdiansyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.














