Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5 - 6 Tahun

Penulis

  • Darmina Ardianur S Putri Universitas Negeri Makassar
  • Herlina Hasan Universitas Negeri Makassar
  • Gappar Gappar Pemerintah Daerah Bulungan

DOI:

https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v1i2.88

Kata Kunci:

Metode Karya wisata, Kemampuan Literasi, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk (a) mengetahui penerapan metode pembelajaran karya wisata di Taman Kanak-kanak Negeri 001 Timur Kab. Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, (b) mendeskripsikan kemampuan literasi anak sebelum dan setelah pembelajaran dengan metode karya wisata di Taman Kanak-kanak tersebut, dan (c) mengidentifikasi perbedaan antara kelompok eksperimen (metode karya wisata) dengan kelompok kontrol dalam meningkatkan kemampuan literasi anak di Taman Kanak-kanak tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran karya wisata di Taman Kanak-kanak tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi anak. Sebelum pembelajaran, kemampuan literasi anak pada kelas kontrol berada pada kategori rendah, sedangkan pada kelas eksperimen juga berada pada kategori rendah. Namun, setelah pembelajaran, kemampuan literasi anak pada kelas kontrol meningkat menjadi kategori sedang, sementara pada kelas eksperimen meningkat menjadi kategori tinggi. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam pengaruh metode karya wisata terhadap kemampuan literasi anak di Taman Kanak-kanak tersebut, yang diindikasikan oleh peningkatan rata-rata nilai literasi dari 5,89 menjadi 8,67 setelah perlakuan. Hal ini juga didukung oleh hasil pengujian hipotesis dengan nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5%.

Referensi

Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480

Amri, N. A., Amri, N., Hajerah, & Usman. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK PADA ASPEK LITERASI ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 406–411. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.838

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659

Castro, D. A. S., & Barrera, S. D. (2019). The contribution of emergent literacy skills for early reading and writing achievement. Trends in Psychology, 27(2), 509–522. https://doi.org/10.9788/TP2019.2-15

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Eliyyil Akbar, M. P. I. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini (1st ed.). Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=MYP1DwAAQBAJ

Justice, L. M., & Kaderavek, J. N. (2004). Embedded-explicit emergent literacy intervention I: Background and description of approach. Language, Speech, and Hearing Services in Schools, 35(3), 201–211. https://doi.org/10.1044/0161-1461(2004/020)

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Asdi Mahasatya.

Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72

Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Professional. Remaja Rosda.

Mustapa, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dan Menulis Melalui Metode Karya Wisata Kelas IV SDN No.81 Kota Tengah Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1387. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1387-1394.2021

Sary, Y. N. E., & Indah, N. H. I. (2023). Peran Literasi dan Read Aloud dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3558–3566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4185

Suggate, S., Schaughency, E., McAnally, H., & Reese, E. (2018). From infancy to adolescence: The longitudinal links between vocabulary, early literacy skills, oral narrative, and reading comprehension. Cognitive Development, 47(April), 82–95. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2018.04.005

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulastri, A., Millah, S., & Hanifunni’am, F. F. (2020). Penerapan Metode Karyawisata Sebagai Upaya Peningkatan Fisik Motorik Anak. …?: Jurnal Pendidikan Islam Anak …, 4(2), 13–26. https://riset-iaid.net/index.php/TA/article/view/452

Wondal, R. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK MELALUI METODE KARYA WISATA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelompok B TK Charis, Kota Ternate Tahun Ajaran 2014/2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.01

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Putri, D. A. S., Hasan, H., & Gappar, G. (2023). Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5 - 6 Tahun. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 1(2), 114–122. https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v1i2.88