Pengaruh Penggunaan Media Diorama Papercraft Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Luwu Timur

Authors

  • Nur Anisa Jannasari Universitas Islam Makassar
  • Sri Hastati Universitas Islam Makassar
  • Erniati Erniati Universitas Islam Makassar
  • Abu Bakar Tumpu Universitas Islam Makassar
  • Arief S Herawati Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/isolek.v2i1.271

Keywords:

Media Diorama Papercraft, Menulis, Cerita Pendek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh media diorama papercraft dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 8 Luwu Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah tes membuat cerpen yang sama untuk pretest dan posttest, sebanyak 1 soal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis validasi, analisis hasil belajar peserta didik, analisis respon peserta didik dan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Media Diorama Papercraft terhadap kemampuan menulis cerpen siswa Kelas X SMAN 8 Luwu Timur.  Kemampuan menulis cerpen pada siswa sebelum dilakukan eksperimen menunjukan kemampuan yang kurang namun setelah diberikan perlakuan diorama papercraft kemampuan menulis cerpen pada siswa mengalami peningkatan signifikan sebagaimana ditunjukan pada hasil analisis sig. 0,000<0,05.

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. In Refika Aditama (Ketiga, No). Refika Aditama.

Anggraini, D. (2020). Contribution of Vocabulary Mastery on News Writing Skill. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 485(Iclle), 218–222. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.037

Anrayani, A., & Kaddas, B. (2021). Peran Media Elektronik Berbasis Video Pembelajaran Melalui Aplikasi Kinemaster. Studi Kasus pada Siswa Kota Makassar. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(1), 91-103. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i1.361

Arief, H., Jumriati, J., Syukriady, D., Erniati, E., Supriadi, S., Tumpu, A. B., ... & Room, R. (2024). Penguatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Disabilitas Melalui Pendampingan Magang PPL. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(2), 603-616. https://doi.org/10.53769/jai.v4i2.780

Supriadi, S. (2022). PENERAPAN METODE DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA DI SMK. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3), 543-555. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.361

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman, H. (2018). Keterampilan Menulis (Ed.1, Cet.6). Depok: Rajawali Pers.

Emzir, E., & Rohman, S. (2017). Teori dan Pengajaran Sastra. In RajaGrafindo Persada (Edisi 1, hal. 1–294). Depok: RajaGrafindo Persada.

Imran, M. C., Syukriady, D., & Erniati, E. (2023). Penguatan Pembelajaran Apresisasi Sastra Melalui Pelatihan Membaca Puisi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 481-485. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12298

Jumriati, J. (2022). Efektivitas metode problem based learing dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 11-20. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3012

Rani, N. A., Supriadi, S., & Tumpu, H. A. B. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN VIDEO DOKUMENTER UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS VII-A SMP NASIONAL MAKASSAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2(3), 823-835. https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/358

Rezky, M., Kaddas, B., & Syukriady, D. (2024). Peningkatan Penulisan Cerita Pendek Menggunakan Metode Copy The Master Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Mandai Kabupaten Maros. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 6(2), 97-105. https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/AIJER/article/view/1235

Safi’i, I., Rufaidah, I., Anggara, U. E., & Sobri, S. (2021). Instrumen Evaluasi Teks Berita Dalam Buku Teks BSE Bahasa Indonesia. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 143–150. https://doi.org/10.30653/003.202172.179

Saparuddin, R., & Syukriady, D. (2024). IMPROVING THE WRITING SKILLS OF COMPLEX PROCEDURAL TEXTS WITH SCRAMBLE METHOD FOR STUDENTS OF CLASS VII-A SMP NEGERI 25 MAKASSAR. JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES, 2(03), 980-995. https://humasjournal.my.id/index.php/HJ/article/view/362

Solissa, E. M., Satriah, S., Sasabone, C., Safar, M., & Hasanah, U. (2024). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Pear Deck. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 7273-7280. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.10163

Suandi, I. N., Sudiana, I. N., & Nurjaya, I. G. (2018). Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial (1 ed.). Depok: Rajawali Pers.

Supriadi, S., Tumpu, A. B., & Mulyadi, M. (2023). IMPROVING THE ABILITY TO WRITE POETRY THROUGH MODELING TECHNIQUES FOR CLASS X STUDENTS OF SMA NEGERI 19 MAKASSAR. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(3), 554-567. https://doi.org/10.52208/klasikal.v5i3.1095

Suryadi, E., & Ramadhan, A. T. (2014). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS VII SMPN 1 AIR KUMBANG BANYUASIN MELALUI METODE OUTDOOR STUDY. Global Expert: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(1). https://doi.org/10.36982/jge.v3i1.21

Syukriady, D., Arief, H., & Jumriati, J. (2023). TELAAH UNSUR EKSTRINSIK CERITA PENDEK “PROTES” KARYA PUTU WIJAYA. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(10), 4065-4080. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i10.6574

Syukriady, D., Febianto, D., Mamonto, S., Safar, M., & Sari, N. I. (2023). Tantangan Guru Bahasa Indonesia Di Era Tranformasi Digital Dan Teknologi Berkelanjutan Dalam Mewujudkan Peserta Didik Yang Berkarakter Kuat Positif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 6921-6930. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4339

Syukriady, D., & Pada, B. T. (2022). Telaah Diksi Dalam Ragam Bahasa Jurnalistik Tajuk Rencana Surat Kabar Harian Republika: Sebuah Tinjauan Semantik. EDULEC:Education, Language, and Culture Journal, 2(3), 269-284. https://doi.org/10.56314/edulec.v2i3.88

Wahyuningtyas, K. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Diskusi dengan Menggunakan Media Diorama pada Peserta Didik Kelas IXE SMP Negeri 1 Gabus Kabupaten Grobogan. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(3), 490–504. https://doi.org/10.56480/eductum.v1i3.716

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Jannasari, N. A., Hastati, S., Erniati, E., Tumpu, A. B., & Herawati , A. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Papercraft Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Luwu Timur. ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, Dan Sastra, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.59638/isolek.v2i1.271

Most read articles by the same author(s)