Pengaruh Penggunaan Media Diorama Papercraft Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Luwu Timur
DOI:
https://doi.org/10.59638/isolek.v2i1.271Keywords:
Media Diorama Papercraft, Menulis, Cerita PendekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh media diorama papercraft dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 8 Luwu Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah tes membuat cerpen yang sama untuk pretest dan posttest, sebanyak 1 soal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis validasi, analisis hasil belajar peserta didik, analisis respon peserta didik dan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Media Diorama Papercraft terhadap kemampuan menulis cerpen siswa Kelas X SMAN 8 Luwu Timur. Kemampuan menulis cerpen pada siswa sebelum dilakukan eksperimen menunjukan kemampuan yang kurang namun setelah diberikan perlakuan diorama papercraft kemampuan menulis cerpen pada siswa mengalami peningkatan signifikan sebagaimana ditunjukan pada hasil analisis sig. 0,000<0,05.
References
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. In Refika Aditama (Ketiga, No). Refika Aditama.
Anggraini, D. (2020). Contribution of Vocabulary Mastery on News Writing Skill. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 485(Iclle), 218–222. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.037
Anrayani, A., & Kaddas, B. (2021). Peran Media Elektronik Berbasis Video Pembelajaran Melalui Aplikasi Kinemaster. Studi Kasus pada Siswa Kota Makassar. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(1), 91-103. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i1.361
Arief, H., Jumriati, J., Syukriady, D., Erniati, E., Supriadi, S., Tumpu, A. B., ... & Room, R. (2024). Penguatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Disabilitas Melalui Pendampingan Magang PPL. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(2), 603-616. https://doi.org/10.53769/jai.v4i2.780
Supriadi, S. (2022). PENERAPAN METODE DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA DI SMK. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3), 543-555. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.361
Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalman, H. (2018). Keterampilan Menulis (Ed.1, Cet.6). Depok: Rajawali Pers.
Emzir, E., & Rohman, S. (2017). Teori dan Pengajaran Sastra. In RajaGrafindo Persada (Edisi 1, hal. 1–294). Depok: RajaGrafindo Persada.
Imran, M. C., Syukriady, D., & Erniati, E. (2023). Penguatan Pembelajaran Apresisasi Sastra Melalui Pelatihan Membaca Puisi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 481-485. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12298
Jumriati, J. (2022). Efektivitas metode problem based learing dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 11-20. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3012
Rani, N. A., Supriadi, S., & Tumpu, H. A. B. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN VIDEO DOKUMENTER UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS VII-A SMP NASIONAL MAKASSAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2(3), 823-835. https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/358
Rezky, M., Kaddas, B., & Syukriady, D. (2024). Peningkatan Penulisan Cerita Pendek Menggunakan Metode Copy The Master Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Mandai Kabupaten Maros. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 6(2), 97-105. https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/AIJER/article/view/1235
Safi’i, I., Rufaidah, I., Anggara, U. E., & Sobri, S. (2021). Instrumen Evaluasi Teks Berita Dalam Buku Teks BSE Bahasa Indonesia. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 143–150. https://doi.org/10.30653/003.202172.179
Saparuddin, R., & Syukriady, D. (2024). IMPROVING THE WRITING SKILLS OF COMPLEX PROCEDURAL TEXTS WITH SCRAMBLE METHOD FOR STUDENTS OF CLASS VII-A SMP NEGERI 25 MAKASSAR. JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES, 2(03), 980-995. https://humasjournal.my.id/index.php/HJ/article/view/362
Solissa, E. M., Satriah, S., Sasabone, C., Safar, M., & Hasanah, U. (2024). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Pear Deck. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 7273-7280. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.10163
Suandi, I. N., Sudiana, I. N., & Nurjaya, I. G. (2018). Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial (1 ed.). Depok: Rajawali Pers.
Supriadi, S., Tumpu, A. B., & Mulyadi, M. (2023). IMPROVING THE ABILITY TO WRITE POETRY THROUGH MODELING TECHNIQUES FOR CLASS X STUDENTS OF SMA NEGERI 19 MAKASSAR. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(3), 554-567. https://doi.org/10.52208/klasikal.v5i3.1095
Suryadi, E., & Ramadhan, A. T. (2014). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS VII SMPN 1 AIR KUMBANG BANYUASIN MELALUI METODE OUTDOOR STUDY. Global Expert: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(1). https://doi.org/10.36982/jge.v3i1.21
Syukriady, D., Arief, H., & Jumriati, J. (2023). TELAAH UNSUR EKSTRINSIK CERITA PENDEK “PROTES” KARYA PUTU WIJAYA. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(10), 4065-4080. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i10.6574
Syukriady, D., Febianto, D., Mamonto, S., Safar, M., & Sari, N. I. (2023). Tantangan Guru Bahasa Indonesia Di Era Tranformasi Digital Dan Teknologi Berkelanjutan Dalam Mewujudkan Peserta Didik Yang Berkarakter Kuat Positif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 6921-6930. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4339
Syukriady, D., & Pada, B. T. (2022). Telaah Diksi Dalam Ragam Bahasa Jurnalistik Tajuk Rencana Surat Kabar Harian Republika: Sebuah Tinjauan Semantik. EDULEC:Education, Language, and Culture Journal, 2(3), 269-284. https://doi.org/10.56314/edulec.v2i3.88
Wahyuningtyas, K. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Diskusi dengan Menggunakan Media Diorama pada Peserta Didik Kelas IXE SMP Negeri 1 Gabus Kabupaten Grobogan. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(3), 490–504. https://doi.org/10.56480/eductum.v1i3.716
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nuranisa Jannasari, Sri Hastati, Erniati Erniati, Abu Bakar Tumpu, Herawati Arief

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar | Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 09 No. 29 Makassar, Sulawesi Selatan Indonesia| International Journal of Community Service Learning is licensed under This work is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.





