PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI KELAS IV SD NEGERI BONTORAMBA 1 KOTA MAKASSAR

Penulis

  • nafila universitas islam makassar
  • Nurhayati Selvi Universitas Islam Makassar
  • Erniati Erniati Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.75

Kata Kunci:

Menulis Narasi, Media Gambar Berseri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana peningkatan keterampilan menulis narasi siswa dengan menggunakan media gambar berseri kelas IV SD Negeri Bontoramba 1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Bontoramba 1 Makassar. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis analisis statistik secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan menulis narasi siswa menggunakan media gambar berseri meningkat dilihat dari observasi guru dan siswa serta hasil tes dimana siklus I menunjukkan bahwa persentase siswa yang nilainya di atas KKM baru mencapai 30% sehingga nilai siswa di atas KKM meningkat menjadi 85%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. di SD Negeri Bontoramba 1 Makassar.

Referensi

Ahmad Rofi’udin dan Darmiyati Zuhdi, ( 2015 ). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi, Malang : UNM.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djauhar Siddiq, Muhammad. (2017) “Peran Bahan Pembelajaran Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Depdikbud.

Agustina Dwitia. (2022). “Pengembangan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Peserta Didik Kelas II SD/MI. (Skripsi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Lampung.

Hidayah Nurul, Ulva Khumairo Rifky.( 2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran”. Jurnal Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Volume 4 Nomor 1. p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915.

Hasan. H.( 2022). “Peran Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar”. Ainara Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan. 3 (2).

Kurniawan Heru. (2015). “Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia”. Jakarta: Prenadmedia Group.

Kunandar. 2013. “Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, Raafi Allen. (2014) .“Penggunaan Media Gambar Karikatur Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Jujar Tunggal 11 Surabaya. JPGSD.2(2):1-9

Lutvaidah Ukti. (2015). Pengaruh. Metode dan Pendekatan Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Formatif 5 (3).

Madyawati Lilis. (2016). “Strategi Pembelajaran Bahasa Pada Anak” . Kencana: PT Kharisma Putra Utama.

Wahyudi Muhammad. (2019). “Penggunaan Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Keterampilan Menulis Narasi di Sekolah Dasar Wahana Sekolah Dasar. Vol 27, N0, 1.

Nurfadillah Septy, D. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Membaca (Disleksia) dan Kesulitan Belajar Menulis (Disgrafia) Sswa Kelas I SDN Tanah Tinggi 3 (Tanggerang. MASALIQ?: Jurnal Pendidikan Dan Sains.

Andi Putra Ngurah. (2017). “ Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali”. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No.4, ISSN 2345-614X.

Wahyudi Muhammad. (2019). Penggunaan Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Keterampilan Menulis Narasi di Sekolah Dasar Wahana Sekolah Dasar. Vol 27, N0, 1.

Zulela. (2014). “Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar”.http://ejournal.upi.ac.id Volume 1 Nomor 1.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-03

Cara Mengutip

nafila, Selvi, N., & Erniati, E. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI KELAS IV SD NEGERI BONTORAMBA 1 KOTA MAKASSAR. ALENA : Journal of Elementary Education, 2(1), 38–51. https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.75