IMPLEMENTASI NILAI DASA DARMA PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN 254 TEBBA KECAMATAN SALOMEKKO KABUPATEN BONE

Penulis

  • Ayu Amalia Universitas Islam Makassar
  • Nurhayati Selvi Universitas Islam Makassar
  • Sri Hastati Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.94

Kata Kunci:

Implementasi Nilai dasadarma pramuka, Karakter Peserta didik

Abstrak

Implementasi Nilai Dasa Darma Pramuka dalam Membentuk Karakter Peserta didik di SDN 254 Tebba Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universsitas Islam Makassar (Di bimbing oleh Nur Hayati Selvi dan Sri Hastati).

           Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui implementasi nilai dasa darma pramuka dalam membentuk karakater peserta didik di SDN 254 Tebba Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone, (2) Mengetahui tantangan implementasi faktor penghambat nilai dasa darma pramuka dalam membentuk karakter peserta didik di SDN 254 Tebba Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. tidak memperbolehkan proses penerapan yang berjalan sesuai jadwal yang telah di tetapkan, adanya keterbatasan prasarana, lingkungan sekolah kurang kondusif mengakibatkan siswa kurang fokus pada saat pembinaan berlangsung dan penggunaan atau pemilihan metode kepramukaan yang sesuai keinginan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan analisis data model interaktif Sedangkan faktor pendukungnya menjadi tongkat

kesuksesan dalam Implementasi nilai-nilai dasa darma pramuka ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter Dasa darma Pramuka Disiplin, Bernani, dan Setia membentuk karakter siswa sudah dimiliki oleh siswa Namun demikian, ketiga karakter tersebut lebih tampak ketika siswa mengikuti kegiatan ektrakurikuler pramuka. Disamping itu, pemberian contoh sikap yang baik oleh guru/Pembina pramuka yang mengandung nilai ketiga karakter tersebut melalui materi-materi pramuka semakin menguatkan karakter siswa. Selanjutnya, penerapan nilai karakter disiplin, bernani, dan setia, dalam kegiatan kepramukaan di SDN 254 Tebba Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone dilaksanakan secara terpadu. Artinya, penerapan ketiga karakter tersebut tidak hanya dilakukan pada kegiatan praktik kepramukaan, tetapi juga melalui kegiatan pembelajaran dan pembiasaan di sekolah.

Kedua, Tantangan implementasi nilai dasa darma pramuka disiplin, berani, dan setia dalam membentuk karakter siswa di SDN 254 Tebba Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone yaitu adanya proses penerapan ini tidak berjalan sesuai jadwal yang telah di tetapkan, adanya keterbatasan prasarana, lingkungan sekolah kurang kondusif mengakibatkan siswa kurang fokus pada saat pembinaan berlangsung dan penggunaan atau pemilihan metode kepramukaan yang sesuai keinginan peserta didik. Dalam penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.

 

Kata Kunci: Nilai Dasa Darma Pramuka, Karakter Peserta didik

 

 

Referensi

Afandi, R. and Rocmah, L.I. (2020) ‘Pramuka Sebagai Wadah Mengembangkan Life Skill Mahasiswa Calon Guru Pada Perguruan Tinggi LPTK’, Pedagogia?: Jurnal Pendidikan, 4(2), pp. 135–140. Available at: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.16.

Arifin, A.Z. (2019) ‘Toleransi dalam Agama Hindu; Aplikasi Ajaran dan Praktiknya di Pura Jala Siddhi Amertha Sidoarjo’, Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 2(2), pp. 71–92. Available at: https://doi.org/10.33363/swjsa.v2i2.60.

Gunawan, A. (2017) ‘Kedewasaan Rohani dan Pemuridan’, Jurnal Theologia Aletheia, 5, p. 12.

Ikhsanto, jurusan teknik mesin L.N. (2020) ‘peneliti mendapatkan informasi dan data terkait aktivitas dan karakter peserta didik’, 21(1), pp. 1–9.

Raharja, S.I. and Handoyo, P. (2021) ‘Rasionalitas Mengikuti Seni Beladiri Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate ( PSHT ) Ranting Pengkok , Padangan , Bojonegoro’, Paradigma, 2(3), pp. 1–8.

Rochmawati, N. (2018) ‘Peran Guru Dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak’, Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), p. 1. Available at: https://doi.org /10.30659/jspi.v1i2.3203.

Sadat, P.A., Handayani, S. and Kurniawan, M. (2020) ‘Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan’, Inovator, 9(1), p. 23. Available at: https://doi.org/10.32832/inovator.v9i1.3014.

Sukawati, E. (2019) ‘Peningkatan Keberanian Berbicara Dan Kemampuan Membaca Grafik Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing’, Kajian Linguistik dan Sastra, 27(2), pp. 96–107.

Susanti, R. (2013) ‘Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa’, Al-Ta lim Journal, 20(3), pp. 480–487. Available at: https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.46.

Warella, Y. and Sulandari, S. (2019) ‘Analisis Implementasi Keputusan Tentang Jabatan Fungsional Dosen Dan Angka Jawa Tengah’, 5(2), pp. 268–290.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-03

Cara Mengutip

Amalia, A., Selvi, N., & Hastati, S. . (2024). IMPLEMENTASI NILAI DASA DARMA PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN 254 TEBBA KECAMATAN SALOMEKKO KABUPATEN BONE. ALENA : Journal of Elementary Education, 2(1), 65–73. https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.94