Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Kelas III Berbantuan Media Flashcard di Sekolah Dasar

Penulis

  • gista ayu Astriyani Universitas Muria Kudus
  • Lia Fatmawati Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.59638/jee.v2i2.242

Kata Kunci:

Membaca nyaring, Flashcard

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SDN 4 Karangbener melalui media Flash card. Permasalahan utama yang dihadapi siswa adalah rendahnya kemampuan membaca siswa yang tercermin dari hasil tes membaca yang kurang memuaskan serta rendahya motivasi belajar membaca. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat di lihat dari hasil analisis data pada siklus I, sebanyak 8 siswa dari 15 jumlah seluruh siswa kelas 3 sudah tuntas dalam kemampuan membaca nyaring mencapai 53,4% dengan nilai rata-rata 74,5. Pada siklus 2 hasil olah data yang diperoleh meningkat menjadi 13 siswa mencapai 86,7% dengan nilai rata-rata 78,3. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatkan dalam penggunaan media flashcard dalam kemampuan membaca nyaring

Referensi

Amelia, A., Intiana, S., & Indraswati, D (2024). Keefektifan Media Big Book Pada Kemampuan Membaca Kalimat Sederhana Siswa Kelas II SDN 37 Ampenan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2008).

Ermawati, D., Aninda, D. K., Astuti, W., Firmansyah, Muhammad Rizal, & Atmojo, Wahyu Tri. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Pada Peserta Didik Kelas I Sd Muhammadiyah Birrul Walidain. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Ermawati, D., Cintiya Wati, M., Destantya, S., & Fivtia Sari, N. (2023). Pengaruh Media Balok Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa Tunagrahita Kelas II SLB Negeri Purwosari. Jurnah Ilmiah Bina Edukasi, 16(2), 154–166. http://

Fadillah, S. N., Lapasere, S., Aqil, M., Hariana, K., Andika Pratama, R., & Pesik, V. A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Peserta didik Menggunakan Metode Suku Kata Berbantuan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2490–2503. https://doi.org/10.31949/jee.v

Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., & Gosiah, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SDN Kertamukti. Jurnal Tahsinia, 2(1), 85–96. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.279

Fitri, A., Ermiana, I., & Husniati, H. (2022). Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Gugus III Kecamatan Ambalawi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2402–2407. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.985

Fitriani. (2018). Keterampilan Membaca Nyaring Dengan Menggunakan Media Kartu Kata. PiJIES: Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 37–46. http://ejournal-iainpalopo.ac.id/PiJIES

Handayani, T., Aditia Ismaya, E., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Mind Mapping. MOTEKAR: Jurnal Multidisiplin Teknologi Dan Arsitektur, 1(2), 50–57.

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Hoerudin, C. Wahyu. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SDN Kertamukti. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3 Nomor 1(1), 1–15. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.279

Kasuma, Y. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Jurnal Basicedu, 7(5), 3043–3050. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6123

Khairani, F., Agusta, L., & Astuti, N. (2023). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2).

Khairunnisa, Singodiwongso, S., & Vioreza, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar. SEMNARA 21, 672–678.

Lia, A., Agustina, N., Mahmudah, S., Kharis, M., Ambarinanti, B. D., Amiruddin, F., & Najikhah, F. (2023). Pengembangan Media Cantung Untuk Meningkatkan Literasi dan NumerasiKelas 1 di SDN 03 Jepang Pakis. ADIJAYA?: Jurnal Multidisiplin, 1(3), 472–480. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/mj

Masyithah, Halidjah, S., & Ghasya, D. A. V. (2024). Deskripsi Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 31 Pontianak Barat. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2).

Musdalifah. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Flash Card.

Musyadad, V. F., Supriatna, A., Gosiah, N., & Santang, S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iii Sdn Kertamukti.

Nadiroh, S. M., Purbasari, I., & Ermawati, D. (2023). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Literasi di SDN 1 Brantaksekarjati. Journal on Education, 5(3), 8602–8609. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1651

Purwati, G., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar Di Kelas Rendah. Jurnal Perseda, 2(3), 179.

Putri, A. R., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2022). Model Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1192–1199. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3162

Sari, P. M., Aprilia, N., & Hartono, R. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Flash Card Pada Sekolah Dasar Kelas 1a Muhamadiyah Pakel. STRATEGY?: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(1), 105–112. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i1.2006

Setiyana, T., Ismaya, E. Aditya, & Ermawati, D. (2023). Media Kartu Dengan Kearifan Lokal Gusjigang Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 118–128. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.9438

Syahid, S. N. L., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., Sulastri, A., & Ruslani, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa SD melalui Media Pembelajaran Diorama Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5181–5192. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3076

Toja, A. E., Puang, D. M. El, & Bunga, M. H. D. (2022). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Peserta Didik Kelas III SDK Nita 1. Journal Nagalalang Primary Education, 4(2).

Wahyuni, W. W., & Maftuh, A. (2023). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemula. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 5(2). https://jepjurnal.stkipalitb.ac.id/index.php/hepi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-19

Cara Mengutip

ayu Astriyani, gista, Fatmawati , L. ., & Ermawati, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Kelas III Berbantuan Media Flashcard di Sekolah Dasar. ALENA : Journal of Elementary Education, 2(2), 200–211. https://doi.org/10.59638/jee.v2i2.242