ANALISIS PERSEPSI GURU TERHADAP KONSEP PENERAPAN MERDEKA BELAJAR DI SD INPRES ANTANG I KOTA MAKASSAR

.

Penulis

  • Junaeda Junaeda 082193131952
  • Muh. Fihris Khalik Universitas Islam Makassar
  • Riskal Fitri Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/jee.v1i2.72

Kata Kunci:

Persepsi Guru, Merdeka Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap konsep penerapan merdeka belajar dan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan merdeka belajar di SD Inpres Antang I Kota Makassar. Adapun metode yang digunakan yaitu kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian persepsi guru terhadap konsep penerapan merdeka belajar di SD Inpres Antang I Kota Makassar. Menunjukkan bahwa para guru di SD Inpres Antang I Kota Makassar, memiliki persepsi positif dan mendapatkan apresiasi yang sangat baik tentang kurikulum Merdeka Belajar, dengan menerapkan merdeka belajar siswa akan mampu meningkatkan kemampuan diri mereka karena diberikan kebebasan dalam proses pembelajaran Hasil penelitian juga menjelaskan tentang pentingnya sosialisasi secara masif kepada semua pihak yang ada di tingkat satuan pendidikan, sehingga penerapan kurikulum dapat diterapkan secara baik sesuai dengan harapan. Selain itu juga persepsi guru di SD Inpres Antang I memiliki beberapa indikator dalam Penerapan kurikulum merdeka belajar antara lain: persepsi guru terhadap kurikulum baru, pembatalan UN, penyederhanaan RPP, dan juga PPDB Sistem Zonasi, dan faktor yang menjadi pendukung dalam penerapan merdeka belajar adalah guru, orang tua, kepala sekolah dan siswanya, kemudian yang menjadi faktor dalam penghambat dalam penerapan merdeka belajar adalah manejemen waktu pembelajarannya.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-20

Cara Mengutip

Junaeda, J., Khalik , M. F., & Fitri, R. (2023). ANALISIS PERSEPSI GURU TERHADAP KONSEP PENERAPAN MERDEKA BELAJAR DI SD INPRES ANTANG I KOTA MAKASSAR: . ALENA : Journal of Elementary Education, 1(2), 164–171. https://doi.org/10.59638/jee.v1i2.72