Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v1i3.139Kata Kunci:
pola asuh, orang tua, karakter, anak usia diniAbstrak
Penelitian dengan judul deskripsi pola asuh orang tua dalam membentuk karakter anak usia dini di tk aisyah mandalle. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dalam membentuk karakter anak usia dini di TK Aisyyah mandiri. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam menentukan kebenaran terhadap permasalahan, secara umum diperoleh melalui: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu, Anak usia dini adalah kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat unik. Anak usia dini sering disebut anak prasekolah, yang memiliki masa peka dalam perkembangannya, dan terjadi pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespons rangsangan dari lingkungannya. Masa ini merupakan saat yang paling tepat untukmeletakkan dasar pertama dan utama dalam mengembangkan berbagai potensidan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, seni, sosial emosional, spritual, konsep diri, dan kemandirian. Pola asuh yang diberikan orangtua yaitu pola asuh demokratis maksudnya adalah pola asuh yang cenderung mendorong anak untuk terbuka, namun bertanggung jawab dan mandiri. Hasil penelitian di atas sesuai dengan hasil wawancara kepada tetangga yang penulis lakukan sebagai crosscheck dari hasil wawancara kepada orangtua dan juga berdasarkan observasi yang penulis lakukan, bahwa orangtua memang telah memberikan pola asuh yang baik kepada anak.
Referensi
Arifin. M. (2007). Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThuguLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.
Budiati, N. S. (2018). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Dasar-Dasar Disiplin Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Jetis Karangmojo Kabupaten Gunungkidul Tahun 2016 (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).
Darmawanti, R. (2023). Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIG AEd), 3(2). https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i2.6669
Depdiknas, (2003). Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Ginting, A. H. B., & Ichsan, I. (2021). Pola Asuh Orangtua Pada Anak Cerdas Dan Anak Gifted. El Midad, 13(1), 1-9. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i1.2985
Hidayanti, A. N. (2022). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosi (EQ) Pada Anak Usia Prasekolah (3-5 tahun) di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Muslimat Getas Cepu Blora. The Shine Cahaya Dunia Kebidanan, 7(01).
Hyoscyamine, D. E. (2011). Peran keluarga dalam membangun karakter anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 144-152. https://doi.org/10.14710/jpu.10.2.144-152
Indriani, F. (2008). Pola asuh orang tua terhadap anak berprestasi di sekolah: Studi kasus di SMP Negeri I Pandaan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
John W Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Musi, M. A., Sadaruddin, Mulyadi (2017). Kontribusi Bermain Peran untuk Mengembangkan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3315
Muslima, M. (2015). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(1), 85-98. http://dx.doi.org/10.22373/equality.v1i1.781
Nasaruddin, R. & Sadaruddin (2019). Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Karakter Anak di TK Mawar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 2(1), 43-52. https://doi.org/10.59638/aijer.v2i1.121
Nurjanah, S. (2017). Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Desa Adi Karya Mulya Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji Tahun 2017 (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Nurmitasari, Indah (2011). Pengasuhan Islami Single Parent Terhadap Kesehatan Mental Anak Remaja (Study Kasus keluarga ibu Nunung di Seturan Yogyakarta) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Pahlevi, R., Utomo, P., & Septian, M. R. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarusutamaan Gender dan Anak, 4(1), 91-102. http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v4i1.6888
Rahmawati, A. (2022). Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini. LovRinz Publishing.
Rohmah, L. (2016). Peran pola asuh orangtua dalam menanamkan disiplin pada anak. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 1, pp. 167-176).
Sari, D. K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Pola asuh orang tua pada anak yang berperilaku agresif. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.1-6
Shihab, M. Q. (2005). “Menyingkap” Tabir Ilahi: Al-Asma’al-Husna Dalam Perspektif Al-Qur’an. Lentera Hati.
Subqi, I. (2019). Perilaku Agresif Remaja dalam Tinjauan Pola Asuh Keagamaan Orang Tua di Desa Baleadi Pati. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2), 186-214.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Syamsiah Syamsiah, Mulyadi Mulyadi, Erwin Nurdiansyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.














