Pengaruh Pendekatan Reggio Emilia Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v1i2.86Kata Kunci:
Interpersonal, Reggio Emillia, Bermain PeranAbstrak
Komponen inti dari kecerdasan interpersonal adalah kemampuan memahami diri dan keterbatasan diri, kecerdasan akan suasana hati, motivasi, temperamen dan keinginan, serta kemampuan berdisiplin diri, memahami dan menghargai diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh dari penggunaan penerapan pendekatan reggio emilia terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini di taman kanak-kanak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest nonequivalen control group design. Sampel ditentukan dengan menggunakan purposive sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah dua puluh dua anak yang masing-masing terdiri dari kelas kontrol 15 dan kelas eksperimen 15. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan interpersonal. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen dengan pendekatan Reggio Emillia lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Reggio Emillia terhadap perkembangan kemampuan interpersonal. Pada uji efektifitas penggunaan metode interpersonal pada anak didik Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mamajang Kota Makassar cukup efektif untuk mengembangkan kemampuan interpersonal.
Referensi
Ag, M., & Mudlofir, H. A. (2021). Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori ke Praktik.
Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1997–2007. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055
Amal, A., Musi, M. A., & Hajerah, H. (2019). Pengaruh Reggio Emilia Approach dalam Bermain Peran dan Bererita terhadap Kemampuan Bahasa Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4831
Amelia, L., & Ayu Marsella. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA JARI PADA ANAK TK B2 DI PAUD SAVE THE KIDS BANDA ACEH. Buah Hati, 5(2), 81–102. https://doi.org/10.46244/buahhati.v5i2.570
Amri, N. A., Amri, N., Hajerah, & Usman. (2023). Pengembangan Media Busy Book Pada Aspek Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 406–411. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.838
Amstrong, T. (2011). Kinds of Smart. Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence. Gramedia Pustaka Utama.
Bachtiar, M. Y., Herlina, H., & Ilyas, S. N. (2022). Model Bermain Konstruktif untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak TK. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2802–2812. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2013
Behjat, F. (2012). Interpersonal and intrapersonal intelligences: Do they really work in foreign-language learning? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 32(2010), 351–355. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.052
Boca, D. Del, Pronzato, C., & Schiavon, L. (2021). How Parents’ Skills Affect Their Time-Use with Children? Evidence from an RCT Experiment in Italy. SSRN Electronic Journal, December. https://doi.org/10.2139/ssrn.3754686
Center on the Developing Child. (2016). From Best Practices to Breakthrough Impacts NATIONAL SCIENTIFIC COUNCIL ON THE DEVELOPING CHILD Foundation. Harvard, 1–52. https://46y5eh11fhgw3ve3ytpwxt9r-wpengine.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2016/05/From_Best_Practices_to_Breakthrough_Impacts-4.pdf
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Damayanti, R. R., CH, M., & Hapidin, H. (2018). Pengaruh Bermain Peran Mikro terhadap Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 34. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.5
Fadlillah, M. (2017). Bermain & Permainan. Kencana.
Frankel, H. L., & Kaplan, L. J. (2013). In brief. Current Problems in Surgery, 50(10), 414–417. https://doi.org/10.1067/j.cpsurg.2013.07.002
Gontina, R., Komariyah, K., & Hasanah, U. H. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Anak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 79–92. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.4946
Helmawati. (2018). Mendidik Anak Berprestasi melalui 10 Kecerdasan. PT Remaja Rosdakarya.
Herlina, H., & Amal, A. (2021). Pengaruh Keterampilan Origami dalam Menigkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Pada TK Sulawesi Kota Makassar. Seminar Nasional LP2M UNM.
Indrijati, H. (2017). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Pustaka Pelajar.
Jazilurrahman, J., Widat, F., Widat, F., Tohet, M., Tohet, M., Murniati, M., Murniati, M., Nafi’ah, T., & Nafi’ah, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095
Madyawati, L., & Maemonah, M. (2021). The Effect of Reggio Emilia Approach on Children’s Creativity from the Islamic Psychology Review. Jurnal Tarbiyatuna, 12(2), 98–107. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v12i2.4235
Masturoh, U. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Model Reggio Emelio Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di RA Asysyubbani Hulaan - Menganti – Gresik. AT-THUFULY?: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 26–39. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v1i1.141
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215
Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). Jakarta: Indeks.
Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Musfiroh, T. (2014). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). In Modul Perkuliahan pdf, Universitas Terbuka. Universitas Terbuka. https://core.ac.uk/download/pdf/198234614.pdf
Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217
Nuraeni, L., & Sharina. (2020). Efektivitas pembelajaran dengan pendekatan Reggio Emilia untuk meningkatkan kreativitas anak dalam konteks merdeka belajar di taman kanak-kanak kota Cimahi pada masa pandemi covid 19. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 51–62. https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p51-63.2065
Okwuduba, E. N., Nwosu, K. C., Okigbo, E. C., Samuel, N. N., & Achugbu, C. (2021). Impact of intrapersonal and interpersonal emotional intelligence and self-directed learning on academic performance among pre-university science students. Heliyon, 7(3), e06611. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06611
Oviyanti, F. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 75. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i1.1384
Pahrul, Y., Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186
Parwoto. (2015). MODEL PENGEMBANGAN KOGNITIF BERBASIS KOMPUTER DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN REGGIO EMILIA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(1), 64. https://doi.org/10.26858/est.v1i1.1141
Pupung Puspa Ardini, & Eki, M. (2019). Gerak Tari Kreasi melalui Regio Emilia Approach untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial dan Emosional Anak di Gorontalo. Jambura Early Childhood Education Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37411/jecej.v1i1.49
Qowiyah, S. H. (2020). ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK KELOMPOK B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 96–101. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.26239
Risnawati, A., & Surahman, S. (2021). Implementasi Pendektan Reggio Emiliia Dalam Pengembangn Kreatiivitas Anak Melaluii Bermain Plastisin | Atin Risnawati, Hibana, Susilo Surahman. Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 3(2), 123–131. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=GySe5m0AAAAJ&citation_for_view=GySe5m0AAAAJ:UeHWp8X0CEIC
Roopnarine, J. L., & Johnson, J. E. (2011). Pendidikan anak usia dini dalam berbagai pendekatan. Jakarta: Kencana.
Rusanti, D. D., Naimah, N., & Suyadi, S. (2022). Finger Painting dalam Kemampuan Motorik Halus Anak: Implementasi Pendekatan Reggio Emilia. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 5(2), 15–24. https://doi.org/10.15575/japra.v5i2.20618
Saleh, S. M., & Sugito, S. (2015). Implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Barunawati. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 85. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4845
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susiana, S. (2019). Pengaruh Kegiatan Bermain Drama Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Tk Mutiara Kenjeran Surabaya. Pedagogi?: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 109. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.3616
Wee, S.-J., Shin, H.-S., & Kim, M.-H. (2013). Young children’s role-playing for enhancing personal intelligences in multiple intelligences theory. International Research in Early Childhood Education, 4(1), 53. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1150984.pdf
Yaumi, M., & Nurdin, I. (2016). Kecerdasan Jamak (Multiple Intelegences). Jakarta: Kencana. Kencana.
Yeni, N. S., Fatimah Zahro, I., KOBER Hidayah, P. AL, & Siliwangi, I. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Model Pembelajaran Reggio Emilia. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 250–259. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/4161
Yus, A. (2014). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Amelia Jafar, Herlina Hasan, Muhammad Akil Musi, Bonita Mahmud

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.