Pengaruh Pendekatan Reggio Emilia Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak

Penulis

  • Amelia Jafar Mahasiswa PPs Universitas Negeri Makassar
  • Herlina Hasan Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Akil Musi Universitas Negeri Makassar
  • Bonita Mahmud Institut Agama Islam Negeri Bone

DOI:

https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v1i2.86

Kata Kunci:

Interpersonal, Reggio Emillia, Bermain Peran

Abstrak

Komponen inti dari kecerdasan interpersonal adalah kemampuan memahami diri dan keterbatasan diri, kecerdasan akan suasana hati, motivasi, temperamen dan keinginan, serta kemampuan berdisiplin diri, memahami dan menghargai diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh dari penggunaan penerapan pendekatan  reggio emilia terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini di taman kanak-kanak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest nonequivalen control group design. Sampel ditentukan dengan menggunakan purposive sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah dua puluh dua anak yang masing-masing terdiri dari kelas kontrol 15 dan kelas eksperimen 15. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan interpersonal. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen dengan pendekatan Reggio Emillia lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Reggio Emillia terhadap perkembangan kemampuan interpersonal. Pada uji efektifitas penggunaan metode interpersonal pada anak didik Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mamajang Kota Makassar cukup efektif untuk mengembangkan kemampuan interpersonal.

Referensi

Ag, M., & Mudlofir, H. A. (2021). Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori ke Praktik.

Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1997–2007. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055

Amal, A., Musi, M. A., & Hajerah, H. (2019). Pengaruh Reggio Emilia Approach dalam Bermain Peran dan Bererita terhadap Kemampuan Bahasa Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4831

Amelia, L., & Ayu Marsella. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA JARI PADA ANAK TK B2 DI PAUD SAVE THE KIDS BANDA ACEH. Buah Hati, 5(2), 81–102. https://doi.org/10.46244/buahhati.v5i2.570

Amri, N. A., Amri, N., Hajerah, & Usman. (2023). Pengembangan Media Busy Book Pada Aspek Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 406–411. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.838

Amstrong, T. (2011). Kinds of Smart. Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence. Gramedia Pustaka Utama.

Bachtiar, M. Y., Herlina, H., & Ilyas, S. N. (2022). Model Bermain Konstruktif untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak TK. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2802–2812. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2013

Behjat, F. (2012). Interpersonal and intrapersonal intelligences: Do they really work in foreign-language learning? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 32(2010), 351–355. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.052

Boca, D. Del, Pronzato, C., & Schiavon, L. (2021). How Parents’ Skills Affect Their Time-Use with Children? Evidence from an RCT Experiment in Italy. SSRN Electronic Journal, December. https://doi.org/10.2139/ssrn.3754686

Center on the Developing Child. (2016). From Best Practices to Breakthrough Impacts NATIONAL SCIENTIFIC COUNCIL ON THE DEVELOPING CHILD Foundation. Harvard, 1–52. https://46y5eh11fhgw3ve3ytpwxt9r-wpengine.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2016/05/From_Best_Practices_to_Breakthrough_Impacts-4.pdf

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Damayanti, R. R., CH, M., & Hapidin, H. (2018). Pengaruh Bermain Peran Mikro terhadap Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 34. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.5

Fadlillah, M. (2017). Bermain & Permainan. Kencana.

Frankel, H. L., & Kaplan, L. J. (2013). In brief. Current Problems in Surgery, 50(10), 414–417. https://doi.org/10.1067/j.cpsurg.2013.07.002

Gontina, R., Komariyah, K., & Hasanah, U. H. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Anak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 79–92. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.4946

Helmawati. (2018). Mendidik Anak Berprestasi melalui 10 Kecerdasan. PT Remaja Rosdakarya.

Herlina, H., & Amal, A. (2021). Pengaruh Keterampilan Origami dalam Menigkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Pada TK Sulawesi Kota Makassar. Seminar Nasional LP2M UNM.

Indrijati, H. (2017). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Pustaka Pelajar.

Jazilurrahman, J., Widat, F., Widat, F., Tohet, M., Tohet, M., Murniati, M., Murniati, M., Nafi’ah, T., & Nafi’ah, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095

Madyawati, L., & Maemonah, M. (2021). The Effect of Reggio Emilia Approach on Children’s Creativity from the Islamic Psychology Review. Jurnal Tarbiyatuna, 12(2), 98–107. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v12i2.4235

Masturoh, U. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Model Reggio Emelio Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di RA Asysyubbani Hulaan - Menganti – Gresik. AT-THUFULY?: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 26–39. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v1i1.141

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). Jakarta: Indeks.

Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, T. (2014). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). In Modul Perkuliahan pdf, Universitas Terbuka. Universitas Terbuka. https://core.ac.uk/download/pdf/198234614.pdf

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217

Nuraeni, L., & Sharina. (2020). Efektivitas pembelajaran dengan pendekatan Reggio Emilia untuk meningkatkan kreativitas anak dalam konteks merdeka belajar di taman kanak-kanak kota Cimahi pada masa pandemi covid 19. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 51–62. https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p51-63.2065

Okwuduba, E. N., Nwosu, K. C., Okigbo, E. C., Samuel, N. N., & Achugbu, C. (2021). Impact of intrapersonal and interpersonal emotional intelligence and self-directed learning on academic performance among pre-university science students. Heliyon, 7(3), e06611. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06611

Oviyanti, F. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 75. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i1.1384

Pahrul, Y., Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186

Parwoto. (2015). MODEL PENGEMBANGAN KOGNITIF BERBASIS KOMPUTER DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN REGGIO EMILIA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(1), 64. https://doi.org/10.26858/est.v1i1.1141

Pupung Puspa Ardini, & Eki, M. (2019). Gerak Tari Kreasi melalui Regio Emilia Approach untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial dan Emosional Anak di Gorontalo. Jambura Early Childhood Education Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37411/jecej.v1i1.49

Qowiyah, S. H. (2020). ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK KELOMPOK B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 96–101. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.26239

Risnawati, A., & Surahman, S. (2021). Implementasi Pendektan Reggio Emiliia Dalam Pengembangn Kreatiivitas Anak Melaluii Bermain Plastisin | Atin Risnawati, Hibana, Susilo Surahman. Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 3(2), 123–131. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=GySe5m0AAAAJ&citation_for_view=GySe5m0AAAAJ:UeHWp8X0CEIC

Roopnarine, J. L., & Johnson, J. E. (2011). Pendidikan anak usia dini dalam berbagai pendekatan. Jakarta: Kencana.

Rusanti, D. D., Naimah, N., & Suyadi, S. (2022). Finger Painting dalam Kemampuan Motorik Halus Anak: Implementasi Pendekatan Reggio Emilia. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 5(2), 15–24. https://doi.org/10.15575/japra.v5i2.20618

Saleh, S. M., & Sugito, S. (2015). Implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Barunawati. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 85. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4845

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susiana, S. (2019). Pengaruh Kegiatan Bermain Drama Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Tk Mutiara Kenjeran Surabaya. Pedagogi?: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 109. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.3616

Wee, S.-J., Shin, H.-S., & Kim, M.-H. (2013). Young children’s role-playing for enhancing personal intelligences in multiple intelligences theory. International Research in Early Childhood Education, 4(1), 53. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1150984.pdf

Yaumi, M., & Nurdin, I. (2016). Kecerdasan Jamak (Multiple Intelegences). Jakarta: Kencana. Kencana.

Yeni, N. S., Fatimah Zahro, I., KOBER Hidayah, P. AL, & Siliwangi, I. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Model Pembelajaran Reggio Emilia. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 250–259. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/4161

Yus, A. (2014). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Jafar, A., Hasan, H., Musi, M. A., & Mahmud, B. (2023). Pengaruh Pendekatan Reggio Emilia Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 1(2), 83–100. https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v1i2.86