Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Media Film Kartun Siswa Kelas VIII MTs DDI Kalukuang Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.59638/isolek.v3i1.454Kata Kunci:
Listening, Media, Cartoon Movie, FairytaleAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak melalui media film kartun pada siswa kelas VIII MTs DDI Kalukuang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan keterampilan menyimak dengan menggunakan media film kartun. Data yang diperoleh dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs DDI Kalukuang Makassa yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk menilai keterampilan menyimak siswa dan hasil kemampuan menulis siswa, serta hasil keterampilan menyimaknya dan dokumentasi hasil pekerjaan siswa, sedangkan kriteria keberhasilan ditinjau dari hasil yang dicapai di kelas VIII MTs DDI Kalukuang dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata. Rata-rata keterampilan menyimak siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II mencapai 75 dari jumlah siswa yang memperoleh nilai > 75 (KKM Keterampilan Menyimak). Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menyimak siswa dengan memperhatikan nilai rata-rata aspek penilaian keefektifan memperhatikan penjelasan tergolong cukup, kemampuan siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru tergolong cukup, sikap dalam menerima materi pembelajaran tergolong cukup, daya tahan konsentrasi siswa tergolong cukup, dan hasil penelitian siklus I mencapai 66 dan pada siklus II meningkat menjadi 80 serta telah memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditargetkan oleh peneliti.
Referensi
Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Refika Aditama.
Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video animasi sebagai media pembelajaran efektif bagi siswa sekolah dasar di masa pandemi COVID-19. JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54-67.
Ainun, A. A., Jumriati, J., & Erniati, E. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGENAI TEKS ULASAN FILM/DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGKAJENE. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7222-7233.
Aryani, S., & Rodiyana, R. (2021, October). Media Audio Visual untuk Keterampilan Menyimak Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 266-270).
Erniati, E., Supriadi, S., Jumriati, J., & Syukriady, D. (2024). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN UNTUK MAHASISWA TUNANETRA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN AUDIO DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1064-1074.
Fadil, M. (2023). Penerapan Model Snowball Throwing dapat Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Anak pada Siswa Kelas VI UPTD SDN Sejati 6 Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal on Education, 5(3), 9860-6869.
Hakim, M. N. (2018). Penerapan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 189-204.
Handrayani, G. S. E. (2021). Efektivitas Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 37-50.
Imran, M. C., Bashar, K., Syukriady, D., & Uleng, B. P. (2023). The Feasibility of Live Streaming DW English As Reading Instructional Technology Media For ESP (Learner Perspective). EDULEC: Education, Language, and Culture Journal, 3(1), 120-126.
Jatmiko, J. (2018). Pengaruh penggunaan multimedia dan penguasaan kosakata bahasa jawa terhadap keterampilan menyimak cerita wayang. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(2).
Kemmis, S., McTaggart, R., Nixon, R., Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. The action research planner: Doing critical participatory action research, 1-31.
Mauludin, I., Burhanuddin, B., & Rochmawati, R. (2024). A Study on the Sustainability of Technology Utilization Training Programs for Educators in the Post-Pandemic Era. The Eurasia Proceedings of Educational and Social Sciences, 78-89.
Muliana, M., Supriadi, S., & Jusmaniar, J. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kostruktivisme terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas III Sekolah Dasar di Kota Makassar. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(1), 23-29.
Nurhaedah, N., & Supriadi, S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI KABUPATEN GOWA. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 3(1), 65-74.
Pakalessy, A., Erniati, E., Jumriati, J., Supriadi, S., & Syukriady, D. (2024). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII-B SMPN 11 Makassar. ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajara, Bahasa, dan Sastra, 2(1), 100-106.
PASILA, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Kartun Terhadap Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Mariso I Kota Makassar.
Rani, N. A., Supriadi, S., & Tumpu, H. A. B. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN VIDEO DOKUMENTER UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS VII-A SMP NASIONAL MAKASSAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2(3), 823-835.
Rezky, M., Kaddas, B., & Syukriady, D. (2024). Peningkatan Penulisan Cerita Pendek Menggunakan Metode Copy The Master Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Mandai Kabupaten Maros. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 6(2), 97-105.
Sugianto, D., Wibowo, D. C., & Oktaviani, U. D. (2017). Improving listening skill to fairytales using a hand puppets media. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 178-189.
Supriadi, S. P., & Sampara, J. (2018). Efektivitas Strategi Examples Nonexamples Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas Viii Smp Negeri 11 Kota Makassar. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 1(1), 15-20.
Syukriady, D., Ashar, A., Musbaing, M., Taufik, A., Yuriatson, Y., & Sasabone, L. (2024). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN MENULIS. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 398-402.
Syukriady, D., Dewi, R., & Jumriati, J. (2024). PELATIHAN RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM) DALAM MENUNJANG PENGUATAN LITERASI BAGI PENDIDIK. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 435-438.
Tumpu, A. B. Penerapan Pendekatan Komunikasi dalam Proses Keterampilan Berbicara untuk Meningkatkan Kemampuan Berceramah Siswa Kelas X SMA 5 Sungguminasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3.
Tumpu, H. A. B. (2018). Efektivitas Metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Enrekang. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 1(1), 29-36.
Utari, U. D. (2023). Analisis Keterampilan Menyimak Dongeng dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Media Animasi Video pada Siswa kelas 2 SDN Pandeanlamper 01. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3171-3178.
Yasmine, F. N., Agustina, R. T., & Rini, T. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Film Animasi Bagi Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(2), 170-181.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Andi Andi, Jumriati Jumriati, Erniati Erniati, Supriadi Supriadi, Arief S Herawati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar | Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 09 No. 29 Makassar, Sulawesi Selatan Indonesia| International Journal of Community Service Learning is licensed under This work is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.






