PENGARUH LINGUNGAN SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V UPT SPF SD INPRES KANTISANG KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.129Kata Kunci:
Lingkungan Sekolah , : Kepemimpinan Kepala Sekolah , KarakterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap karakter siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Kantisang kota Makassar.Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.Populasi dalam penilitanini adalah seluruh siswa kelas V UPT SPF SD InpresKantisang sehingga sampelmenggunakan teknik random samplingadalah kelas V B. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisis regresi linear berganda, asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolineritas, uji heterokedastisitas dan uji hipotesis yang meliputi uji t, uji f dan koefisien determinan.Berdasarkan hasil analisis data,pengaruh lingkungan sekolah terhadap karaktersiswamemiliki koefisien regresi bertanda positif, maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya secara parsial variabel lingkungan sekolahberpengaruh signifikan terhadap karakter siswa. Pengujian pengaruh kepemimpinan kepala sekolahterhadap karakter siswa memiliki koefisien regresi kepemimpinan kepala sekolah (X1) bertanda positif, maka hipotesis Ho ditolakdan Ha diterima, artinya secara parsial variabel kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap karakter siswa. Guru mengembangkan nilai-nilai karakter, seperti kepedulian, kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan rasa hormat terhadap diri dan orang lain, serta ketekunan, etos kerja yang tinggi, dan kegigihan, sehingga guru memiliki karakter yang baik. Oleh karena itu, guru membentuk siswa agar berkarakter kuat, sehingga siswa dapat meneladani perilaku, sikap, dan etika guru yang dapat diamati dan dilihat siswa dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembentukan karakter diawali oleh terbentuknya pondasi. Dengan semakin banyaknya informasi dan pengalaman yang diterima individu maka semakin matang sistem kepercayaan dan pola pikir yang terbentuk maka semakin jelas tindakan, kebiasaan, dan karakter unik dari masing-masing individu.Referensi
Ali, S., & Hasanah, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menjamin Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1735
Bariyah, S. K. (2019). Peran Tripusat Pendidikan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan, 7(2), 228–239. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3043
H Bay, I., & W. Dj. Pomalato, S. (2021). PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 LEMITO. Berajah Journal, 2(1), 104–110. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.60
Hendajany, N. (t.t.). EFEKTIVITAS TIPE-TIPE SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI INDONESIA. 16, 15.
Inanna, I. (2018). PERAN PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA YANG BERMORAL. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(1), 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057
Jamrizal, J. (2022). PENGARUH PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN DAN PENGAWASAN TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PENDIDIKAN). 3(1), 10.
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Mulyadi, D. H. (2019). PERANAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PEMBERDAYAAN ANAK-ANAK JALANAN. 14(01).
Musbaing, M. (2020). Educational Policy: Understanding Tri Pusat Pendidikan (Education Centers) as Efforts to Reach Educational Objectives. International Journal of Asian Education, 1(2), 53–60. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.35
Nur, J., & Jariah, A. (2023). PERANAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI NO. 145 INPRES BAYOWA DI KABUPATEN TAKALAR. 3(145).
Syarifah, L. S. (t.t.). Implementasi Pendidikan Karakter: Sebuah Kajian Ilmiah dari Perspektif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. 21.
Zulfan, Z., Musifuddin, M., & Murcahyanto, H. (2021). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Sistem Kontrol dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Operator Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6005–6010. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1693

##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Irfansyah Irfansyah, mulyadi mulyadi, Musbaing Musbaing

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.