ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS RENDAH DI UPT SPF SD NEGERI TABARINGAN 5 KOTA MAKASSAR

Penulis

  • nensi nensi universitas islam makassar
  • Sri Hastati Universitas Islam Makassar
  • Riskal Fitri Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/jee.v1i2.70

Kata Kunci:

strategi guru, karakter, kedisiplinan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahi : 1)  untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa kelas rendah di UPT SPF SD Negeri Tabaringan 5 Kota Makassar, 2)  untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghabat dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa kelas rendah di UPT SPF SD Negeri Tabaringan 5 Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif secara deskriptif, penggumpulan data dilakukan dengan teknik observasi angket wawancara dan dokumentasi adapun analisis datanya dilakukan dengan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa kelas rendah di UPT SPF SD Negeri Tabaringan 5 Kota Makassar  elaluli beberapa unsur yaitu peraturan tata tertib, pebimbiasaan, keteladanan, hukuan dan ,penghargaan. Adapun faktor pendukungnya yaitu, perang aktif orang tua, pengawasan dari guru,dan kesadaran sendiri, sedangkan faktor penghambatnya yaitu orang tua

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-20

Cara Mengutip

nensi, nensi, Hastati, S. ., & Fitri, R. (2023). ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS RENDAH DI UPT SPF SD NEGERI TABARINGAN 5 KOTA MAKASSAR. ALENA : Journal of Elementary Education, 1(2), 155–163. https://doi.org/10.59638/jee.v1i2.70

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama