PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI SDN 160 INPRES LEMO-LEMO KAB. MAROS

Penulis

  • yusmaniar universitas islam makassar
  • Nur Afni Universitas Islam Makassar
  • Wahyullah Alannasir Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.80

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis , IPS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengatuhui: (1) Gambaran Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di SDN 160 Inpres Lemo-lemo Kab. Maros. (2) Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di SDN 160 Inpres Lemo-lemo Kab. Maros. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dan Sampel penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 23 siswa di SDN 160 Inpres Lemo-lemo Kab Maros. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi guru dan siswa, tes pilihan ganda dan essai dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif.Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di SDN 160 Inpres Lemo-lemo Kab. Maros melalui siklus I dan siklus II. (2) Ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dengan skor rata-rata 56,3 pada nilai presntase 17,3% termaksud dalam kategori cukup kritis pada siklus I dan skor rata-rata 88,6 pada nilai presentase 82,6% termaksud dalam kategori kritis pada siklus II. Berdasarkan penelitian maka Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di SDN 160 Inpres Lemo-lemo Kabupaten Maros meningkat.

Referensi

Alannasir, W., & Selvi, N. (2018). PENGARUH PENERAPAN METODE KOMIDI PUTAR DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS DI SDN MANNURUKI. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.31100/dikdas.v1i2.236

Ardianti, Resti. (2021). Problem Based Learning : Apa Dan Bagimana, Vol,3 No, 1, Jurnal For Physics Education And Applied Physics, H, 28.

Azizah Nurul. (2019). Berfikir Kritis dan Problem Based Learning. Surabaya : Media Sahabat Cendikian.

Gusliani, Ema. Ediputra, Kasman. Dan Fadilaturahmi. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Enrekan: Jurnal Edumaspul, 5(2) h. 162.

Kurniaman, Otang Dan Noviana, Eddy. (2017). Penerapan Kurikulum 2013, Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Riau: Jurnal Primay.

Lismayana, Lilis. (2019). Berpikir Kritis dan Problem Based Learning. Surabaya: Media Sahabat Cendikia. H, 10.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. H, 5.

Utami, Hardika, Dwi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD INPRES Garentong Kec. Tompobulu Kab. Gowa. Gowa: SIMAP PTSP.

UU No 20 Tahun (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta Selatan: Visimedia, H., 2.

Vebrianto, Rian. Susanti, Reni. Dkk. (2021). Problem Based Lerning Untuk Pemebelajaran Yang Efektif Di SD/MI. Riau. DOTPLUS Publiser.

Yunizha, Vindiasari. (2023). Problem Based Learning, Ubah Masalah Jadi Kesempatan Upgrade Skill . Jurnal Edumaspul, 5(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-03

Cara Mengutip

yusmaniar, Afni, N. ., & Alannasir, W. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI SDN 160 INPRES LEMO-LEMO KAB. MAROS. ALENA : Journal of Elementary Education, 2(1), 27–37. https://doi.org/10.59638/jee.v2i1.80

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama