PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.59638/jee.v1i1.10Kata Kunci:
Metode Pemberian Tugas, HOTS, Hasil Belajar MatematikaAbstrak
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan metode pemberian Tugas berbasis HOTS, hasil belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah penggunaan metode pemberian Tugas berbasis HOTS dan pengaruh penggunaan metode pemberian Tugas berbasis HOTS terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI AL-IKHLAS Buntu Podong Kec. Masalle Kab.Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimental.
Keterlaksanaan Metode Pemberian Tugas berbasis HOTS pada siswa kelas IV SD MI Al-Ikhlas Buntu Podong Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang yang dilaksanakan secara tatap muka terlaksana dengan baik. Dibuktikan dengan adanya peningkatan keterlaksanaan metode pemberian Tugas Berbasis HOTS pada lembar hasil observasi guru masuk dalam kategori sangat baik dan pada lembar hasil observasi siswa juga termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar Matematika dengan menggunakan metode pemberian Tugas Berbasis HOTS pada siswa kelas IV SD MI Al-Ikhlas Buntu Podong Kabupaten Enrekang yaitu nilai rata-rata pada posttest lebih tinggi dengan rata-rata 83,33 dibandingkan dengan nilai pretest rata-rata hasil belajar yaitu mencapai 55,00. Terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada nilai rata-rata hasil belajar yaitu mencapai 28,33 dengan persentase 30%. Penggunaan Metode Pemberian Tugas Berbasis HOTS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SD MI Al-Ikhlas Buntu Podong Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Hal ini dapat dilihaat dari uji hipotesis atau independent sampel T-Test diperoleh 0,00 sehingga nilai 0,000 < 0,05. Hal ini dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikans terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas IV SD MI Al-Ikhlas Buntu Podong Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Diana Diana, Wahyullah Alannasir

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.






