PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV

Penulis

  • Diana Diana Universitas Islam Makassar
  • Wahyullah Alannasir Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/jee.v1i1.10

Kata Kunci:

Metode Pemberian Tugas, HOTS, Hasil Belajar Matematika

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan metode pemberian Tugas berbasis HOTS, hasil belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah penggunaan metode pemberian Tugas berbasis HOTS dan pengaruh penggunaan metode pemberian Tugas berbasis HOTS terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI AL-IKHLAS Buntu Podong Kec. Masalle Kab.Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimental.

Keterlaksanaan Metode Pemberian Tugas berbasis HOTS pada siswa kelas IV SD MI Al-Ikhlas Buntu Podong Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang yang dilaksanakan secara tatap muka terlaksana dengan baik. Dibuktikan dengan adanya peningkatan keterlaksanaan metode pemberian Tugas Berbasis HOTS pada lembar hasil observasi guru masuk dalam kategori sangat baik dan pada lembar hasil observasi siswa juga termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar Matematika dengan menggunakan metode pemberian Tugas Berbasis HOTS pada siswa kelas IV SD MI Al-Ikhlas Buntu Podong Kabupaten Enrekang yaitu nilai rata-rata pada posttest lebih tinggi dengan rata-rata 83,33 dibandingkan dengan nilai pretest rata-rata hasil belajar yaitu mencapai 55,00. Terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada nilai rata-rata hasil belajar yaitu mencapai 28,33 dengan persentase 30%. Penggunaan Metode Pemberian Tugas Berbasis HOTS  berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SD MI Al-Ikhlas Buntu Podong Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Hal ini dapat dilihaat dari uji hipotesis atau independent sampel T-Test diperoleh 0,00 sehingga nilai 0,000 < 0,05. Hal ini dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikans terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas IV SD MI Al-Ikhlas Buntu Podong Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-01

Cara Mengutip

Diana, D., & Alannasir, W. (2023). PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV . ALENA : Journal of Elementary Education, 1(1), 15–26. https://doi.org/10.59638/jee.v1i1.10

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama