Penerapan Strategi Genius Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.59638/jee.v2i2.188Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) penerapan strategi genius learning pada siswa kelas di UPTD SDN 44 Barru Kabupaten Barru. (2) kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas V di UPTD SDN 44 Barru Kabupaten Barru. (3) penerapan strategi genius learning dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.(4) dari hasil observasi aktivasi guru dan siswa pada siklus I dikategorikan kurang, pada siklus II observasi guru dan siswa dikategorikan baik. Hasil menulis cerpen siswa kelas V pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II hasil menulis cerpen siswa sudah meningkatkan berada pada kategori baik. (5) Penerapan strategi genius learning dalam kemampuan menulis cerpen siswa dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis cerpen siswa kelas V di UPTD SDN 44 Barru Kabupaten Barru.
Referensi
Adi W. Gunawan. (2012). Genius learning Strategy. Jakarta: PT. Gramedia.
Alannasir, W., & Selvi, N. (2018). PENGARUH PENERAPAN METODE KOMIDI PUTAR DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS DI SDN MANNURUKI. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.31100/dikdas.v1i2.236
Alannasir, W., & Selvi, N. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa SDI Tangkala 1. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 360–367.
Alannasir, W., Mahmud, M. N., Ibrahim, M. M., & Syamsudduha, S. (2022). Implementation of Online Learning in Elementary Schools in Makassar City from an Islamic Perspective. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6745–6760. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2283
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Analisis Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2, hal. 81-90.
Alannasir, W. (2017). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. SUMBER DAYA INSANI Universitas Muhammadiyah Kendari, 133–151.
Alannasir, W. (2018). Pengaruh Penerapan Media Animasi Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Sudiang. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 23–31. http://journal.stkipandi-matappa.ac.id/index.php/dikdas.
Alannasir, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Bertingkat Labuang Baji Kota Makassar. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 187–198. https://doi.org/10.59638/aijer.v1i2.116
Alannasir, W. (2020). Aspek Perkembangan Siswa Berbasis Karakteristik. Jurnal Internasional Pendidikan Asia, 1 (1), 29–36. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i1.18
Bulandari,W,S., Agustina, R., & H. (2021). Penerapan Strategi The Power Of Two Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2): 87-94.
Deporter, B. (n.d.). Genius Learning. Jakarta?: PT Gramedia Pustaka Utama.
Dwi Rusdiana, Nurul, and A. S. (2013). Penerapan Genius Learning Strategy terhadap Ketuntasan Belajar Siswa Kelas X-9 Semester Ii Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Pelajaran 2012 / 2013. 4.
Hamzah, Rahma Ashari., & Alannasir, W. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 229 INPRES CAMBAYA KABUPATEN MAROS. ALENA: Journal of Elementary Education, 52–64.
Hamzah, Rahma Ashari., Selvi, N., & Alannasir, W. (2023). Pendampingan Menulis Pantun Sebagai Akar Literasi Siswa Kelas VB di UPT SPF SD Negeri Baddoka Kota Makassar. https://doi.org/10.46368/dpkm.v3i1.1014
Hamzah, R. A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penggunaan Pembelajaran Metode Sq3r.
Sugiartinengsih, R. (2021). JGI: JURNAL GURU INDONESIA Penggunaan Strategi Genius Learning pada Materi Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Sekolah Menengah Atas The Use of Genius Learning Strategies in Writing Exposition Text Materials for High School Students. 1(2):52–58. doi: 10.51817/jgi.v1i2.121.
Suhendra. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Biografi. Jurnal Pedagogia, 7(2).
Sukartiningsih, Wahyu, &.Malladewi, M. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV Di SD Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya.
Tarsinih, E. (2018). Kajian Terhadap Nilai-Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam Di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan Sebagai Alternatif Bahan Ajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2): 5-12.

##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sagita pratiwi, Wahyullah Alannasir, Rahma Ashari Hamzah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.