PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI AL-IKHLAS
DOI:
https://doi.org/10.59638/jee.v1i1.33Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Project Based Learning, Hasil Belajar IPAAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (Treatment) dengan sesudah diberi pelakuan (Treatment) pada saat Posttest dan untuk mengetahui model pembelajaran Project Bsed Learning dapat meningaktkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa keals IV MI AL-Ikhlas Buntu Podong Kecamatan Masalle Kabuapten Enrekang. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen, desain yang digunakan desain penelitian eksperimen (Pre-Experimental) dengan jenis penelitian One Grup Pretest-Posttest. Gambaran keterlaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas telah dilaksanakan secara tatap muka yang terlaksana dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada, yaitu nilai rata-rata pada posttest lebih tinggi dengan nilai rata-rata 84,44 dibandingkan dengan nilai pretest dengan rata-rata hasil belajar sebesar 66,11. Jadi terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada nilai rata-rata hasil belajar yaitu 18,33 dengan presentase 27%. Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari uji hipotesis atau independent sampel T-Test diperoleh 0.000 sehingga nilai 0,000 < 0,05. Hal ini diketahui bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV MI AL-Ikhlas Buntu Podong Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Misra Misra, Nurhayati Selvi, Wahyullah Alannasir

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.






